Monday 14 February 2011

Cuma Sementara

Hari Minggu, 13 Februari 2011, saya mengikuti sebuah seminar dengan topik Business Building Seminar. Seminar tersebut tidak bisa dikatakan istimewa, namun tetaplah bermanfaat bagi saya, sebab melalui seminar tersebut segala prinsip-prinsip hebat yang selama ini sudah saya ketahui semakin diteguhkan kembali dan saya semakin yakin bahwa prinsip-prinsip tersebut benar adanya. Saya berbagi sedikit cerita mengenai salah satu prinsip yang diteguhkan kembali tersebut.
Kerja keras, pasti kita sering mendengar kata-kata tersebut bukan ? Kita sering mendengar bahwa untuk sukses atau berhasil meraih apapun yang kita inginkan, kita perlu bekerja keras. Untuk berhasil dalam segala hal atau aspek hidup kita, kita perlu bekerja keras. Selain istiliah kerja keras, kita pasti juga pernah mendengar istilah kerja cerdas bukan ? Kerja cerdas sedikit berbeda dengan kerja keras. Sejauh yang saya tahu, kerja cerdas adalah kerja keras dengan suatu sistem atau cara-cara tertentu dimana kita tidak perlu menangani atau mengurusi sendiri segala macam pekerjaan. Kerja cerdas lebih berbicara mengenai kerja keras di bidang-bidang yang menjadi fokus kita atau dapat dikatakan juga bahwa kerja cerdas adalah kerja keras di bidang-bidang yang menjadi keahlian utama kita. Jadi kita tidak sembarang bekerja keras, melainkan bekerja keras dengan cara-cara yang cerdas. Saya secara pribadi lebih suka menyebut istilah kerja cerdas dengan kerja keras yang cerdas, jadi bukan sekedar cerdas tapi juga keras, sebab sejauh yang saya tahu kerja keras itu berguna dan pasti dibutuhkan oleh siapapun yang ingin meraih impian-impiannya.
Saya secara keseluruhan tidaklah rugi menghadiri seminar tersebut, sebab saya mendapat sejumlah hal baru dan saya semakin diyakinkan bahwa prinsip-prinsip yang selama ini sudah saya ketahui dari pengalaman pribadi saya maupun dari belajar dari orang-orang hebat lain itu benar dan bagus adanya. Saya juga disadarkan kembali bahwa hidup itu bukan untuk dikeluhkan. Hidup itu untuk disyukuri dan diisi dengan hal-hal yang bermanfaat serta berguna bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Kadang dalam seluruh perjalanan hidup kita akan dijumpai sejumlah hal-hal yang mengecilkan hati dan pikiran kita, namun di sisi lain akan ada pula hal-hal yang memberikan kebahagiaan yang luar biasa dan membangkitkan semangat hidup kita. Kadang dalam hidup kita diperlukan adanya kerja keras yang luar biasa keras agar kita dapat meraih apapun yang kita inginkan. Diperlukan kerja keras dan bahkan sangat keras untuk mewujudkan seluruh impian-impian hebat kita, jangan keluhkan itu, sebab kerja keras tersebut hanyalah sementara. Benar, seluruh kerja keras kita hanyalah sesuatu yang sifatnya sementara saja. Akan ada masanya suatu saat nanti kita menikmati hasil kerja keras kita, asalkan kita tidak pernah berhenti berjuang dan tidak terlalu cepat menyerah.
Hal-hal yang saya tuliskan di atas adalah hal-hal yang saya peroleh dari seminar yang saya ikuti tersebut. Apapun bidang kita, apapun cara atau jalur yang kita pilih untuk mewujudkan impian-impian kita, apapun strateginya, akan selalu dibutuhkan pengorbanan demi pengorbanan untuk meraih apa yang benar-benar kita inginkan. John C. Maxwell juga sering mengatakan dalam setiap tulisan-tulisannya, “untuk segala sesuatu yang ada di dunia ini kita harus membayar, bedanya adalah apakah kita akan membayarnya di muka atau di belakang.” Itulah salah satu hal yang berhasil saya pelajari dari seminar tersebut. Apa yang saya pelajari tersebut sesuai dengan apa yang sedang ingin saya tekankan kembali dalam kehidupan saya pribadi. Saya katakan kepada diri saya sendiri bahwa kerja keras saya untuk meraih seluruh impian hebat saya hanyalah sementara saja. Benar, seluruh pengorbanan saya hanyalah sementara, sebab akan ada masanya nanti saya akan dan pasti menikmati seluruh hasil pengorbanan saya. Bagaimana dengan Anda ?

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger