Wednesday 16 February 2011

Komitmen untuk Sukses

Sukses, siapa orang yang tidak ingin meraihnya ? Saya percaya dan yakin bahwa sebagian besar dari kita pasti ingin meraih kesuksesan dan menjadi orang sukses. Benar begitu ?
Sukses menjadi impian sebagian besar dan bahkan mungkin semua dari kita yang ada di dunia ini. Bayangan kita mengenai segala kenikmatan, keindahan, ketenaran, kekayaan, serta segala sesuatu yang lain yang menyertai kesuksesan kemungkinannya menjadi salah satu dan bahkan mungkin motivasi utama untuk meraih kesuksesan. Tapi, pernahkah kita membayangkan bahwa sukses atau segala pencapaian hebat membutuhkan proses yang panjang dan kemungkinan besar tidak mudah ?
Saya secara pribadi awalnya tidak menyadari bahwa sukses atau pencapaian hebat yang saya inginkan memerlukan proses yang panjang dan tidak mudah. Namun seiring dengan perjalanan waktu dan seiring dengan kesadaran demi kesadaran serta pelajaran demi pelajaran yang saya dapatkan, saya tersadar dan akhirnya memahami bahwa segala yang hebat yang kita inginkan pasti memerlukan pengorbanan di awal. Berjalannya waktu akhirnya juga memberi saya satu kesadaran baru lagi yang berharga, bahwa sukses ataupun segala hal hebat lain yang ingin kita raih tidak hanya memerlukan pengorbanan, tetapi juga memerlukan komitmen untuk dapat benar-benar meraih atau mewujudkannya.
Seperti telah saya sebutkan bahwa kesuksesan itu indah, nikmat, enak, bahagia, dan sebagainya, namun perjuangan untuk meraihnya sering kali tidaklah seenak, senikmat, seindah, sebahagia hasil-hasil yang akan kita raih. Perjuangan untuk meraih kesuksesan itu berat dan seringkali itu yang membuat kita menyerah. Saya berkata seperti itu karena saya sendiri pernah mengalaminya saat saya ingin mewujudkan salah satu impian hebat saya beberapa tahun yang lalu. Saya mencoba untuk pertama kalinya, tetapi gagal dan saya hampir saja menyerah, namun beruntungnya saya masih memiliki sedikit semangat lagi untuk mencoba yang kedua kalinya. Pada percobaan kedua saya, sekali lagi saya masih gagal dan lagi-lagi saya juga hampir menyerah, namun beruntungnya saya bahwa saya juga masih memiliki sisa semangat dan harapan untuk mencoba sekali lagi. Pada percobaan ketiga saya, akhirnya saya berhasil mewujudkan apa yang saya impikan selama bertahun-tahun. Keberhasilan pada percobaan yang ketiga tersebut pada akhirnya juga memberi saya satu kesadaran yang sangat berharga, andaikan pada waktu saya gagal saya berhenti mencoba, maka dapat dipastikan bahwa saya tidak akan pernah meraih sesuatu yang sungguh-sungguh saya inginkan.
Kenapa saya terus bertahan dan tetap mencoba sampai akhirnya berhasil mewujudkan impian saya ? Jawabannya adalah karena saya punya semangat, gairah, dan ambisi untuk benar-benar mewujudkannya. Semua hal yang saya sebutkan sebelumnya juga masih didukung oleh komitmen kita untuk benar-benar meraih kesuksesan atau mewujudkan apapun impian kita. Komitmen untuk sukses yang seringkali membedakan antara mereka yang benar-benar sukses dan sekedar ingin sukses. Itulah yang akhir-akhir ini kembali saya sadari dan kembali saya coba ingatkan serta terapkan dalam kehidupan pribadi saya.
Saya coba ingatkan diri saya sendiri bahwa meraih sukses itu seringkali tidaklah mudah. Meraih sukses mengharuskan kita berjuang dengan mengorbankan banyak hal dalam hidup kita. Ketika kita ingin sukses, kita harus tetap berjuang, berupaya, atau bekerja ketika teman-teman kita yang lain sedang bersantai-santai. Ketika kita ingin sukses, kita harus terus belajar dan mencari cara-cara yang baru serta lebih baik untuk menjadi sukses. Kita harus terus belajar saat teman-teman kita yang lain sedang asyik menonton televisi, jalan-jalan, berhura-hura. Namun semua pengorbanan tersebut hanyalah sementara, kita tidak akan terus-menerus ‘menderita’ seperti itu. Suatu saat akan tiba masanya dimana kita berhasil meraih yang kita inginkan dan kita dapat menikmati kehidupan serta kesuksesan kita yang sesungguhnya. Semua pengorbanan dan komitmen untuk tetap berjuang meraih kesuksesan tidaklah sia-sia. Suatu saat nanti semua hal yang telah kita korbankan akan dibayarkan dengan lunas.
Hal-hal seperti itulah yang saat ini sedang dan akan terus saya ingatkan kembali kepada diri saya sendiri. Saya akan terus dan terus mencoba mengingatkan diri saya sendiri bahwa setiap pengorbanan saya untuk meraih apapun yang saya inginkan tidak akan pernah sia-sia, semuanya akan terbayar dengan lunas suatu saat nanti dan saya akan dapat menikmati seluruh hasil perjuangan saya dalam kehidupan. Saya percaya tidak akan ada yang sia-sia dalam hidup ini. Saya percaya bahwa segala sesuatu akan memberikan hasil sesuatu dengan apa yang kita tanam. Itulah yang akan saya terus ingatkan terhadap diri saya sendiri. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda juga akan berbuat hal yang serupa ?

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger