Tuesday 16 February 2010

TIDAK ADA YANG SIA-SIA ATAU TIDAK BERGUNA

Sebelum memperoleh kesadaran ini, aku sering menganggap beberapa hal itu sia-sia. Beberapa hal itu terlalu memboroskan waktu saja. Beberapa hal itu tidak penting dan seharusnya tidak dilakukan. Memang hal itu benar, ada beberapa hal yang seharusnya tidak patut dan tidak perlu kita lakukan atau mungkin perlu kita lakukan tetapi bukan sekarang. Tetapi hari Sabtu tanggal 13 Februari 2010 malam, aku mendapatkan kesadaran baru. Sebuah kesadaran yang membukakan pikiranku lebar-lebar. Inilah kesadaran itu.

Malam itu, menjelang aku tidur saat aku sudah diatas tempat tidur dan bersiap memejamkan mata, tiba-tiba aku terpikirkan pikiran ini, yaitu tidak ada hal yang sia-sia. Beberapa waktu sebelumnya aku menganggap bermain game itu membuang waktu dan tidak berguna, nonton film itu membuang-buang waktu dan seringkali mengajarkan hal yang tidak baik, dan masih ada beberapa hal lain lagi yang kupandang tidak perlu atau tidak berguna serta membuang-buang waktu. Namun apa yang muncul dipikiranku malam itu mengubahkan pikiranku cukup banyak. Aku jadi sadar bahwa tidak ada yang sia-sia atau percuma saja di dunia ini. Tuhan ijinkan game ada untuk jadi sarana hiburan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa disela-sela kesibukan sekolah dan belajar atau kesibukan kerja. Game apa pun, Tuhan ijinkan ada benar-benar untuk melepaskan rasa penat yang menghinggapi pikiran kita setelah begitu banyak dipusingkan oleh aktivitas kita sehari-hari. Hal yang sama juga berlaku untuk nonton film.

Disamping game dan nonton film, ditengah makin merajalelanya internet dan social networking, aku menemukan masih ada beberapa orang yang menganggap Facebook, Friendster, Twitter, dan sejenisnya tidak berguna, menurutku hal tersebut kurang tepat. Mungkin mereka belum membutuhkannya, tetapi adalah tidak tepat jika mereka mengatakan bahwa itu tidak berguna, sebab sudah terbukti bahwa social networking yang ada saat ini telah membantu cukup banyak orang diseluruh dunia. Aplikasi-aplikasi itu membantu orang-orang bertemu dengan keluarga atau kawan lamanya yang sempat terpisah cukup lama, membantu mencegah terjadinya tindak kejahatan, membantu orang menemukan teman-teman baru yang akan berguna dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan kerja atau usaha. Awalnya aku juga berpikir bahwa buka Facebook itu terlalu buang-buang waktu, terlalu menyia-nyiakan hidup kita, namun sudah sejak beberapa bulan yang lalu aku merasakan manfaatnya yang cukup besar bagi diriku. Jadi kalau aku mau bilang bahwa game, film, maupun aplikasi social networking itu sebenarnya bermanfaat sangat besar bagi kehidupan kita asalkan digunakan untuk tujuan yang baik dan dengan cara yang tepat dan tidak membuat kita lupa akan waktu atau tanggung jawab kita.

Penjelasan diatas barulah seputar benda-benda atau aplikasi serta sejenisnya yang dibuat oleh manusia. Berikutnya adalah mengenai kejadian-kejadian atau hal-hal yang ada didalam hidup kita maupun sekitar. Aku akui, aku sempat mendapatkan doktrin yang salah. Doktrin yang cukup mempengaruhi pikiranku. Aku berpikir bahwa jika ada orang yang gagal atau melakukan pekerjaan yang rendahan, aku berpikir bahwa mereka itu kurang berguna. Namun, kini aku sadar bahwa mereka semua berguna sesuai dengan tujuan yang telah Tuhan tetapkan untuk masing-masing mereka. Aku juga sempat berpikir bahwa kegagalan itu adalah sesuatu yang tidak berguna, itu hanya membuat kita sedih dan mungkin merasa tidak berguna. Namun, aku akhirnya menyadari bahwa kegagalan Tuhan ijinkan ada untuk mengingatkan kita bahwa kita harus memperbaiki diri serta harus berserah kepada-Nya. Dia sendiri bilang dalam firman-Nya bahwa orang yang gagal atau tidak berhasil, jahat, dan lain-lain itu Dia ijinkan ada untuk dijadikan sebagai peringatan atau pelajaran bagi kita agar tidak berbuat hal yang serupa atau tidak melakukan kesalahan yang sama. Aku juga sempat berpikir bahwa istirahat atau bersantai-santai apalagi bila dilakukan dalam rentang waktu yang lama sungguh-sungguh percuma, namun akhirnya aku sadar juga bahwa Tuhan mengijinkan dan bahkan memerintahkan untuk punya waktu istirahat guna memulihkan kondisi fisik serta mental kita. Sebelumnya juga aku menganggap bahwa aku harus kerja dan kerja atau belajar dan belajar, hal itu benar tetapi juga tidak seratus persen benar. Aku harus berusaha menyisihkan waktu untuk bersosialisasi serta mencari kawan, aku masih perlu tidur atau istirahat untuk memulihkan kondisi fisik, aku masih perlu berolahraga untuk membuat aliran darah dalam tubuhku tetap lancar serta untuk menjaga kesehatan serta stamina tubuh, aku masih perlu mendengarkan lagu atau menonton film untuk menyegarkan jiwa atau pun untuk mencari inspirasi. Dan masih banyak contoh yang lain.

Jadi akhirnya aku sadar bahwa tidak ada hal yang tidak berguna atau sia-sia di dunia ini. Semua jenis alat, permainan atau hiburan, makanan, buku, film, pakaian, kegiatan, orang, serta hal-hal lainnya itu Dia ijinkan ada untuk kita manfaatkan dengan sebaik mungkin dengan cara-cara yang tepat dan sesuai dengan firman-Nya untuk kebaikan hidup kita. Segala sesuatu yang sudah Tuhan ijinkan ada atau tercipta, tidak ada katanya kita anggap itu tidak berguna. Selamat menikmati semua yang sudah Tuhan sediakan dalam hidup kita. God bless you all.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger