Sunday 14 February 2010

DIKLAT PENGURUS PD 2010-2011, IS IT MY LAST CONTRIBUTION ?

Hari Kamis tanggal 6 Februari 2010, secara mendadak aku dihubungi oleh seseorang sesama mantan pengurus PD. Dia bilang bahwa besok akan ada diklat pengurus yang baru di Tumpang, dia bermaksud mengajak aku untuk turut membantu diklat sebagai sesama mantan pengurus. Awalnya aku sempat berpikir-pikir apakah aku akan ikut berpartisipasi atau tidak, sebab aku juga masih memiliki tanggung jawab yang harus aku selesaikan. Aku masih harus melakukan finishing pekerjaan yang sudah aku ambil beberapa waktu sebelumnya.

Namun entah kenapa, saat pertama kali ditawari untuk membantu, hatiku sudah tergerak untuk ikut. Ada sebuah kerinduan dalam hatiku untuk dapat membantu sebagai sumbangsih terakhirku untuk PD sebelum aku lulus di akhir tahun ini. Mungkin juga bisa dibilang sebuah kerinduan yang muncul sebagai penebus “dosa” ku dulu waktu aku tidak maksimal saat menjadi pengurus. Akhirnya setelah berpikir beberapa saat, aku putuskan untuk ikut membantu. Ternyata keputusan yang kubuat tersebut tidaklah salah.

Diklat pengurus yang berlangsung selama tiga hari dan dua malam tersebut benar-benar luar biasa. Kami semua selaku panitia melakukan beberapa persiapan yang meskipun sebagian besarnya kami siapkan secara mendadak, namun kami bersyukur karena semua dapat berjalan dengan cukup lancar hanya hujan saja yang sedikit menghambat beberapa acara yang sudah kami susun. Aku secara pribadi juga bersyukur karena para peserta diklat boleh mendapatkan sesuatu yang aku yakin akan berguna saat mereka menjalani tugas kepengurusan mereka. Aku juga bahagia melihat mereka bisa begitu menyatu satu dengan yang lain. Sungguh tidak sia-sia kerja keras kami ketika melihat masing-masing dari mereka bertumbuh dalam pengenalan akan satu sama lain dan juga pengenalan akan Tuhan serta makna dari pelayanan yang akan mereka jalani sebagai pengurus.

Acara diklat ini tidak hanya memberikan bekal dan manfaat bagi para pengurus PD 2010-2011, tetapi juga bagi kami para panitia, itulah yang aku rasakan. Kami semua merasakan sebentuk keakraban diantara kami semua, meskipun kami baru berkumpul untuk mempersiapkan acara ini dalam waktu yang sangat singkat. Kami bekerja begitu kompak dan juga tertawa bersama-sama seolah-olah kami sudah bekerja bersama dalam waktu yang cukup lama. Kami dan aku sendiri khususnya, benar-benar menikmati suasana diklat tersebut. Selain kebersamaan yang terbentuk diantara kami, aku sendiri juga seperti merasakan pembentukkan ulang diriku sendiri. Aku semakin dikuatkan ketika memimpin atau mengikuti acara demi acara yang telah kami susun ataupun ketika melihat semua yang para peserta lakukan, baik saat menjalani acara yang telah kami susun ataupun saat mereka membuat acara mereka sendiri di waktu-waktu longgar yang ada.

Sungguh, aku benar-benar merasa bersyukur masih bisa hadir di diklat pengurus ini sebagai panitia. Aku anggap ini sebagai sebentuk pelayanan atau service dariku sebagai mantan pengurus. Aku berharap juga acara diklat ini benar-benar melengkapi para pengurus baru yang hadir pada acara ini dalam menjalani tugas mereka sebagai pengurus PD. Aku berharap sekali bahwa mereka bisa menjadi pengurus-pengurus yang hebat yang mampu dan mau membuat standar yang tinggi bagi diri mereka sendiri. Sebuah standar yang akan membawa mereka meraih hasil maksimal dalam pelayanan mereka sebagai pengurus. Terakhir, selamat bertugas para pengurus baru PD iSTTS 2010-2011. Sukses buat kalian !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger