Sunday, 14 February 2010

BERTAHAN DALAM PROSES

Saya yakin dengan sangat bahwa semua orang (atau paling tidak hampir semua orang) tahu bahwa sebuah sukses itu diraih melalui suatu perjuangan atau proses yang panjang. Dan mereka juga tahu bahwa proses yang dialami oleh setiap orang itulah yang membuat diri setiap orang itu berbeda. Namun, pertanyaannya, apakah setiap orang mau tetap setia untuk bertahan dalam proses yang harus dijalaninya menuju tangga kesuksesan ?

Pertanyaan ini sebenarnya juga ditujukan untuk diri saya sendiri. Saya yakin, masih ada cukup banyak impian yang belum kita raih dan masih harus kita raih serta perjuangkan dengan sangat keras. Kita masih harus sering bertanya kepada diri kita sendiri apakah kita benar-benar serius untuk meraih impian tersebut. Apakah kita benar-benar ingin membuat impian tersebut menjadi nyata ? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang ditujukan untuk introspeksi ke dalam diri kita masing-masing.

Pertanyaan tersebut penting, namun yang juga tidak kalah pentingnya adalah apakah kita benar-benar mau dan sanggup bertahan untuk menjalani proses menuju kesuksesan atau peraihan setiap impian kita ? Saya dan mungkin sebagian besar dari kita kebanyakan masih mudah menyerah ketika menghadapi sedikit kesulitan dalam jalan yang harus kita lalui untuk mendekatkan diri kita kepada kesuksesan atau impian kita. Saya sendiri benar-benar merasakannya akhir-akhir ini. Kita terkadang terlalu mudah menyerah karena sedikit kesulitan, padahal kita sendiri juga tahu bahwa orang-orang yang sukses sekarang ini hampir semuanya dipastikan sanggup bertahan menghadapi setiap kesulitan yang mereka alami untuk menjadi individu yang seperti sekarang. Sebagian besar dari mereka benar-benar berjuang dan merangkak dari bawah untuk dapat berdiri tegak seperti sekarang ini. Kita semua (orang-orang yang masih mudah menyerah) perlu untuk meniru dengan sepenuhnya semangat pantang menyerah yang mereka semua miliki, sehingga dengan demikian kita juga dapat meniru jejak mereka semua menjadi individu yang tangguh dan berhasil. Menjadi individu yang dikenal oleh banyak orang dan juga disegani oleh banyak orang karena kegigihan yang telah kita munculkan dalam tahapan untuk meraih keberhasilan, bukan karena keberhasilan yang sudah kita raih semata.

Sekarang saat saya dan Anda semua yang membaca tulisan ini merenungkan kembali pertanyaan, Apakah kita benar-benar siap untuk tetap tekun bertahan dalam setiap proses atau jalan yang harus kita lalui untuk meraih keberhasilan hidup ? Pertanyaan ini harus Anda dan khususnya saya renungkan kembali dengan sangat dalam agar tertanam dalam benak serta hati kita semua. Dengan begitu, besar harapannya pertanyaan ini bukan cuma sekedar pertanyaan yang setelah muncul dan kita sadari pentingnya proses, kemudian kita lupakan begitu saja dengan mudahnya. Benar-benar harus direnungkan !

Tickerbar