Thursday, 25 August 2011

I Love It, More Than Money !

Hampir selama dua tahun terakhir, saya berjalan terombang-ambing dalam kehidupan. Saya mengenal dan dikenalkan banyak hal baru, baik oleh diri saya sendiri maupun oleh rekan-rekan saya. Saya tetap bersyukur dan sangat berterima kasih kepada mereka semua yang telah mengenalkan banyak hal baru kepada saya, khususnya yang terkait dengan cara-cara untuk memperoleh pendapatan (baca: uang). Saya memperoleh banyak pengetahuan serta pengalaman baru yang sangat berharga terkait dengan pekerjaan dan uang, segala sesuatu yang saya percaya akan tetap bermanfaat bagi saya di masa depan.
Kini, saya akhirnya sadar dan merasa bahwa masa selama hampir dua tahun yang telah terbuang tersebut sudah cukup. Saya mensyukuri dan mengambil sangat banyak pelajaran yang berharga dalam hidup saya. Masa selama hampir dua tahun tersebut telah membuka wawasan, pemikiran, serta pengertian saya mengenai sangat banyak hal, seperti pilihan hidup, efektivitas, manajemen diri, serta banyak hal lain. Saya merasa dan tersadarkan bahwa sekarang saatnya kembali berfokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan hal-hal yang saya cintai lebih dari sekadar uang. Hal ini berbicara mengenai pilihan karir yang akan saya tempuh di masa sekarang maupun masa depan.
Bagi yang sering mengunjungi blog saya, kemungkinan ada diantara kalian yang sudah pernah membaca sejumlah posting saya sebelumnya yang terkait dengan posting ini, diantaranya Lebih Dari Sekedar Uang !, Kerinduan yang Berbeda, dan Jangan Terlalu Banyak !. Semua posting tersebut berbicara topik yang sama atau hampir sama, yaitu mengenai pekerjaan dan pilihan hidup. Selama hampir dua tahun terakhir, saya sendiri sempat menjajal beragam profesi, mulai agen asuransi jiwa, penjual pulsa, pengajar komputer, penjual perangkat komputer, programmer, dan lain-lain. Saya mencoba banyak hal dan masih ada beberapa hal yang belum saya coba yang telah ditawarkan kepada saya. Saya memang merasakan sejumlah manfaat, khususnya dalam hal pengalaman. Namun, saya akhirnya sadar, bahwa mencoba terlalu banyak hal, apalagi pada saat bersamaan dapat menjadikan kita kurang atau bahkan tidak fokus sama sekali dalam mengejar serta mengerjakan segala sesuatu. Pelajaran ini mengajarkan kepada saya bahwa kita tidak perlu dan tidak harus mengejar terlalu banyak hal atau semua hal. Kita harus tahu, apa yang benar-benar menjadi kerinduan terbesar kita. Suatu kerinduan atau visi yang telah ditanamkan dalam diri kita yang jauh lebih bernilai daripada sekadar uang.
Perjalanan waktu yang cukup panjang serta pengalaman demi pengalaman yang telah saya peroleh, pada akhirnya membuat saya merenung dan menyadari bahwa ada satu hal yang sangat saya nikmati serta cintai lebih dari sekadar uang. Hal tersebut sempat terlupakan atau tidak terlalu saya perhatikan selama beberapa waktu terakhir, tetapi saya tetap sangat mencintainya lebih dari sekadar uang. Hal itu adalah: duduk di depan komputer saya mempelajari serta mempraktekkan pemrograman serta bahasa pemrograman komputer, untuk kemudian mewujudkan imajinasi liar saya dalam beragam bentuk program komputer. Saya sangat mencintainya, benar-benar mencintainya, lebih dari sekadar uang yang tetap saya butuhkan untuk membiayai seluruh kehidupan saya di masa sekarang maupun masa depan. Saya mencintai seluruh waktu dalam setiap hari saya yang saya habiskan di depan komputer saya untuk memahami bagaimana program-program komputer dibuat, memahami bagaimana cara kerja seluruh bagian komputer, serta menuntaskan rasa penasaran saya mengenai teknologi komputer.
Saya akhirnya kembali tersadar bahwa kecintaan saya terhadap teknologi komputer begitu besar dan saya rasa (serta percaya) bahwa ini adalah bidang dimana saya dapat serta harus mencurahkan fokus terbaik saya. Saya percaya bahwa bidang komputer, khususnya pemrograman komputer adalah bidang yang perlu saya tekuni, baik di masa sekarang maupun masa depan. Bidang ini adalah bidang dimana saya dapat memuaskan atau melampiaskan seluruh rasa penasaran saya akan komputer. Saya dapat memahami banyak hal mengenai komputer yang tidak akan atau tidak dapat dipahami oleh orang-orang lain yang tidak mencintai komputer. Saya sangat mencintai bidang ini, serta akan terus mencintainya, meskipun tidak tertutup kemungkinan di masa depan saya tidak hanya akan berfokus pada satu bidang ini saja. Ya, di masa depan, terdapat kemungkinan saya juga akan mencoba bidang-bidang baru yang menarik perhatian saya, namun paling tidak untuk sekarang sampai beberapa tahun ke depan, saya akan mencintai bidang komputer serta pemrograman komputer lebih daripada sekadar uang. Saya butuh uang, namun saya tidak ingin sekadar memperoleh uang melalui pekerjaan saya. Saya memang ingin memiliki pekerjaan yang menghasilkan banyak uang, tetapi saya juga ingin memiliki pekerjaan dimana saya masih memiliki kesempatan untuk melampiaskan seluruh gairah serta kecintaan saya pada bidang tertentu.
Saya tidak pernah menyesali perjalanan waktu saya selama hampir dua tahun terakhir, sebab perjalanan tersebut menyadarkan saya bahwa saya memiliki suatu kecintaan akan bidang tertentu yang melebihi nilai uang yang saya peroleh. Saya mencintainya lebih dari sekadar uang. I Love It, More Than Money !

Tickerbar

KumpulBlogger