Thursday 28 April 2011

Lebih Dari Sekedar Uang !


Apakah alasan kita bekerja atau mencari pekerjaan ? Atau apakah alasan kita membangun bisnis atau usaha ? Saya yakin sebagian besar dari kita akan menjawab UANG. Ya, itu tidaklah salah. Saya juga memiliki pemikiran seperti itu. Namun pagi ini ditengah membaca berita di salah satu surat kabar online, saya menyadari ada sesuatu yang lebih penting dari sekedar UANG. Ada satu alasan atau faktor dibalik mengapa kita mencari pekerjaan, bekerja, atau membangun bisnis. Alasan itu adalah adanya VISI dan MISI yang jelas mengenai mengapa kita harus bekerja atau mengapa kita harus membangun bisnis. Alasan tersebut saya rasa lebih penting dibandingkan sekedar UANG.
Saya mencoba menalar dalam waktu singkat mengapa VISI dan MISI lebih penting dibandingkan UANG sebagai faktor pendorong mengapa kita bekerja atau membangun bisnis. Jawaban yang saya peroleh adalah jika kita tidak mengetahui dengan jelas apa yang ingin kita peroleh, kita hasilkan, atau kita berikan melalui pekerjaan atau bisnis kita (VISI) dan cara-cara apa yang akan kita gunakan untuk mewujudkan hal-hal tersebut (MISI), maka ada kemungkinan kita akan berhenti ditengah jalan jauh sebelum seluruh impian kita berhasil kita wujudkan. Jika kita tidak memiliki VISI dan MISI yang jelas mengenai mengapa kita harus melakukan sesuatu, maka kita seolah tidak memiliki pemandu dalam arah perjalanan kita meraih impian-impian kita. Tanpa VISI dan MISI yang jelas tidak ada pemandu sekaligus faktor pendorong atau motivasi dari dalam yang akan terus mengarahkan kita kepada impian-impian kita serta mengingatkan kita mengenai impian-impian yang belum terwujud, upaya-upaya atau langkah-langkah yang salah yang menjauhkan kita dari pencapaian impian, upaya-upaya perbaikan apa yang kita perlukan untuk mengembalikan arah perjalanan kita menuju jalan yang benar yaitu pencapaian seluruh impian kita.

Jadi akhirnya saya dan kita semua harus menyadarkan diri kita sendiri bahwa ada sesuatu yang lebih penting dibandingkan sekedar uang sebagai alasan atau motif mengapa kita melakukan sesuatu. Sesuatu itu adalah VISI dan MISI pribadi kita yang melatarbelakangi setiap tindakan atau aktivitas yang kita lakukan. VISI dan MISI yang akan menjadi pemandu kita dalam perjalanan kita untuk mewujudkan seluruh impian kita di sepanjang umur hidup kita. VISI dan MISI juga akan membuat kita mampu bertahan menghadapi semua kesulitan dan tantangan dalam perjalanan kita meraih impian. Semoga kita semua selalu sadar dan ingat akan hal ini.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger