Sunday 10 April 2011

Awalnya Saya Tidak Menyadarinya


Sejak dari saya masih kecil, sebenarnya saya sudah melakukannya, meskipun tidak terlalu sering. Mengajar, itulah yang maksudkan. Saya teringat bahwa ketika waktu kecil dahulu, saya pernah bermain peran sebagai guru untuk diri saya sendiri. Saya memiliki papan tulis kecil yang dibelikan oleh kedua orang tua saya sebagai sarana belajar. Papan tulis itu pula yang saya gunakan untuk berperan seolah-olah saya adalah guru yang sedang mengajar suatu mata pelajaran tertentu di dalam kelas.
Tanpa saya sadari ternyata aktivitas mengajar juga menjadi salah satu kesukaan saya. Aktivitas bercerita serta berbagi ilmu. Hari ini saya baru mulai menyadari serta benar-benar merasakan bahwa mengajar itu seru juga. Hal tersebut saya ketahui dan sadari setelah pengalaman beberapa kali mengajar komputer melalui suatu lembaga kursus yang dibangun oleh teman saya. Saya memang baru sempat mengajar dua orang sampai sejauh ini, tapi pengalaman singkat tersebut ternyata menyenangkan juga. Melalui aktivitas mengajar tersebut, saya memperoleh kesempatan untuk berbagi ilmu pengetahuan, memperoleh dorongan juga untuk terus belajar dan mengembangkan diri, serta tentu saja juga memperoleh uang dari hasil jerih payah saya.

Setelah sempat selama beberapa bulan terlibat sebagai pengajar di lembaga kursus teman saya, akhirnya saya mulai terpikir, mengapa saya tidak mendirikan lembaga kursus sendiri saja ? Pikiran tersebut mengisi daftar pilihan bentuk usaha yang rencananya akan saya kembangkan dalam waktu dekat ini, selain usaha di bidang pengembangan perangkat lunak (software) dan konsultasi IT. Saya sedang mematangkan rencana saya dan saya berharap secepat mungkin saya dapat benar-benar memulai suatu usaha baru yang selain dapat saya gunakan untuk berbagi ilmu, pengalaman, serta tentu saja untuk memperoleh keuntungan.
Bulan ini (April) adalah target saya untuk memulai usaha kursus privat yang akan mengajarkan beberapa ilmu pengetahuan, terutama komputer dan pemrograman. Untuk usaha kursus tersebut, guru atau pengajar akan datang ke rumah murid. Hal ini ditujukan agar murid dapat lebih nyaman dalam belajar serta fleksibel dalam hal waktu, selain tentu saja karena saya belum memiliki tempat yang memadai untuk dijadikan tempat kegiatan kursus dapat berlangsung. Itulah rencana yang sedang saya matangkan untuk memanfaatkan kemampuan serta keahlian yang saya miliki untuk memberikan keuntungan bagi sesama melalui ilmu pengetahuan. Semoga saja rencana dapat benar-benar terealisasi dalam waktu dekat ini. Bila ada yang secara kebetulan membaca tulisan dan berdomisili di Surabaya serta ingin menambah ilmu di bidang komputer, seperti Microsoft Windows maupun Microsoft Office 2007, dapat juga menghubungi saya. Itulah sekedar sharing pengalaman serta pemikiran saya, semoga berguna dan menginspirasi.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger