Sunday, 12 December 2010

Nielsen: Yuppie Couple, Segmen Pasar Baru yang Tumbuh

Generasi muda merupakan target pasar yang sangat potensial dan terus tumbuh. Mereka juga memiliki buying power yang lumayan dan bisa menjadi target pasar masa depan.  Bila ditelaah lebih mendalam ternyata ada satu segmen generasi muda yang belum banyak digarap produsen, yaitu Yuppie Couple.

Menurut Yudi Suryanata, Executive Director Consumer Research Nielsen Indonesia, kelompok Yuppie Couple ini jumlahnya tidak banyak hanya 4%-5% dari total populasi. Walaupun demografi kelompok ini hanya terpusat di kota-kota besar Indonesia, tetapi mereka memiliki potensi yang besar untuk digarap.

Yuppie Couple adalah pasangan muda yang baru menikah atau baru memiliki anak (anaknya masih bayi). Usianya tidak lebih dari 30 tahun. Mereka, baik suami maupun istri, memiliki karier yang cukup bagus, minimal level manajemen yunior terutama di bidang pemasaran dan fokus pada karier. Karena itulah pendapatan mereka sedikitnya belasan juta rupiah per bulan per pasangan. Dengan pendapatan sebesar itu dan sikap mereka yang fokus pada karir mereka tidak segan-segan merogoh kantong lebih dalam demi mendapatkan kenyamanan dan hiburan di dalam dan luar rumah.

Masih menurut Yudi, Yuppie Couple ini sangat familiar dengan kemajuan teknologi, sadar akan merek dan menganut kesetaraan gender.  Yang menarik adalah karena mereka berkarir tidak jauh-jauh dari dunia pemasaran, mereka sangat hapal tentang praktik-praktik dunia pemasaran. Perpaduan dua kepala yang cerdas (suami dan istri) membuat mereka sangat teliti dalam mengkonsumsi produk dan semua trik-trik pemasaran tidak mempan buat mereka. Yudi juga mengingatkan Yuppie Couple ini merupakan target affluent market masa depan dan mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup bagus, populasi mereka akan terus tumbuh. (sumber: www.swa.co.id).

Tickerbar

KumpulBlogger