Saturday, 18 December 2010

Naik dan Bukan Turun

Saya sering mendengar kalimat ini diucapkan di beberapa acara atau kegiatan, ‘kita akan terus naik dan bukan turun’. Kalimat yang sebenarnya ditujukan untuk memberikan dorongan motivasi dan keberanian bagi setiap orang yang mendengarnya. Kalimat tersebut juga sering diucapkan di acara kebaktian gereja untuk mengingatkan setiap individu bahwa Tuhan yang menciptakan kita telah berjanji akan mengangkat kita ke atas dan bukan turun ke bawah.
Pagi ini, saya membaca kalimat yang sejenis atau mirip dengan kalimat tersebut. Namun, kali ini konsep tersebut dipakai dalam konteks yang berbeda, yaitu pengembangan pribadi. Dalam konteks pengembangan diri, kalimat tersebut ditujukan untuk mengingatkan sekaligus menantang setiap individu yang ingin terus menjadi lebih baik, lebih sukses, meningkat dalam segala hal yang berhubungan dengan kehidupan pribadinya untuk terus berpikir tentang bagaimana melakukan sesuatu dengan lebih baik, bagaimana memperoleh hasil kerja yang lebih baik, bagaimana meningkatkan produktivitas serta kualitas pribadi, bagaimana dapat meningkatkan efektivitas pribadi, dan sebagainya. Menurut pemikiran saya, kalimat tersebut juga ditujukan untuk mendorong setiap kita untuk tidak cepat atau bahkan tidak pernah puas, untuk selalu berpikir mengenai bagaimana mencapai lebih banyak, bagaimana menjadi lebih baik, bagaimana melakukan segala sesuatu dengan lebih baik, bagaimana berpikir lebih kreatif dalam segala hal.

Ya, memang benar, jika kita ingin terus bertumbuh sebagai pribadi, kita tidak boleh cepat puas atau bahkan tidak boleh puas. Kita harus selalu percaya bahwa kita dapat menjadi lebih baik, melakukan segala sesuatu dengan lebih baik, efektif, serta produktif, memperoleh lebih banyak hasil-hasil baik dalam hidup, serta terus meningkatkan kapabilitas serta prestasi kita dalam hidup. Kita harus selalu percaya bahwa selalu ada jalan untuk meningkat dalam segala aspek kehidupan kita. Ya, itulah salah satu atau bahkan mungkin satu-satunya cara agar kita dapat terus mencapai serta menjadi lebih dan juga terus meningkat dalam prestasi atau pencapaian kita.
Mari kita belajar untuk tidak cepat puas atau bahkan tidak pernah puas namun tetap bersyukur atas segala sesuatu yang telah kita miliki. Belajar untuk tidak cepat puas atau bahkan tidak pernah puas agar kita dapat terus bertumbuh sebagai pribadi. Sekian dan semoga berguna.

Tickerbar

KumpulBlogger