Tuesday 14 December 2010

Proof of Concept (PoC)


Proof of concept, saya lupa dari mana saya pernah belajar atau mendengar istilah ini, tetapi seingat saya istilah ini umum digunakan atau diucapkan oleh para praktisi khususnya di bidang komputer. Istilah diucapkan atau digunakan untuk menantang setiap orang yang merasa jago di suatu bidang, dalam hal ini komputer, untuk membuktikan kehebatan mereka melalui pembuatan suatu karya nyata atau melalui pemberian bukti-bukti atau fakta-fakta dari konsep atau teori yang pernah mereka pelajari atau pernah mereka ucapkan. Kini, hal yang sama sedang berupaya saya lakukan. Saya sedang berusaha membuktikan suatu konsep yang beberapa tahun lalu pernah saya ucapkan.
Sekitar tiga tahun lalu, tepatnya pada pertengahan tahun 2007, ketika saya sedang menjadi suatu organisasi yang bertugas untuk memberikan bimbingan pada para mahasiswa baru di kampus saya berkuliah, saya pernah mengucapkan suatu kalimat yang saya tujukan untuk memotivasi para mahasiswa baru yang saya bina. Waktu itu, kalimat tersebut saya ucapkan dengan tujuan untuk memotivasi mereka agar mereka dapat terus berani untuk berjuang dan bersaing untuk memperoleh atau menjadi yang terbaik. Suatu kalimat yang sebenarnya muncul secara tiba-tiba tanpa pernah terlalu saya pikirkan lebih jauh lagi atau tanpa pernah saya kaji ketepatannya lagi.
Nah, kini, setelah lebih dari tiga tahun sejak saya pertama kali mengucapkannya kalimat yang berbunyi, ‘semangat dapat mengalahkan segalanya, mengalahkan rasa capek, mengalahkan ketidakmampuan, mengalahkan rasa takut’ tersebut, saya berupaya untuk membuat suatu pembuktian dalam diri atau kehidupan saya sendiri. Kini, ditengah saya sedang menghadapi tantangan untuk menyelesaikan tanggung jawab saya yang belum sempat terselesaikan, saya dituntut untuk bekerja keras dengan penuh semangat yang tidak mudah atau tidak pernah padam. Setiap hari saya dituntut untuk belajar teori-teori baru serta membuat pembuktiannya dalam bentuk software untuk website di Internet. Setiap hari saya harus berhadapan dengan layar komputer saya untuk belajar dan membuat pembuktian teori-teori yang saya pelajari. Saya dituntut untuk bekerja ekstra agar seluruh proyek yang sudah berjalan lebih lambat dibanding seharusnya ini dapat segera terlihat bentuknya dan segera selesai.
Dalam upaya saya menyelesaikan seluruh tugas saya untuk menyelesaikan proyek yang sedang saya kerjakan, saya benar-benar harus berupaya lebih keras dan dengan penuh semangat. Namun, seperti halnya manusia biasa, saya terkadang merasa capek, bosan, malas, khawatir, dan sebagainya. Nah, dalam konteks tersebut teori atau konsep tentang semangat yang pernah saya cetuskan lebih dari tiga tahun lalu diuji. Saya ditantang untuk membuktikan bahwa semangat saya untuk menyelesaikan proyek tersebut dapat seluruh rasa capek, bosan, malas, dan khawatir tersebut. Saya ditantang untuk membuktikan apakah motivasi atau semangat saya cukup kuat untuk mengalahkan seluruh rasa tersebut. Saya ditantang untuk membuktikan apakah impian atau ambisi saya untuk membuat suatu karya yang luar biasa dapat mengalahkan keengganan dan seluruh rasa atau emosi tidak mendukung lainnya.
Itulah sekilas tentang upaya untuk membuktikan teori atau konsep yang pernah saya ucapkan sendiri. Jika ada diantara kalian yang secara tidak sengaja membaca tulisan ini dan juga tertantang untuk membuktikan teori atau konsep saya tersebut, saya persilahkan untuk mencobanya. Saya juga berharap kalian mau memberikan sharing pengalaman kalian selama mencoba membuktikan teori atau konsep sederhana yang telah saya sebutkan di tulisan ini melalui komentar untuk tulisan ini. Sekian dan terima kasih sudah membaca. Saya tunggu sharingnya ya !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger