Thursday, 30 September 2010

Kuliah Jangan Besar Pasak dari Tiang!

Pemakaian dan penawaran untuk menggunakan kartu kredit semakin gencar dilakukan oleh berbagai bank dengan berbagai pengurangan syarat untuk menarik minat nasabah dalam menggunakannya. Buat para mahasiswa, sebaiknya lebih bijaksana menggunakannya.
"Penggunaan kartu kredit memang baik, tetapi bagaimana caranya supaya tidak menjadi besar pasak daripada tiang," kata Wijantini, Associate Dean for Academic Affairs Prasetiya Mulia, di acara peluncuran program pendidikan keuangan Managing Your Wealth di Jakarta, Rabu (1/9/2010).
Agar penggunaan kartu kredit tidak "menyengsarakan" penggunanya, lanjut Wijantini, pengaturan keuangan harus didahulukan. Dengan demikian, para pengguna kartu kredit dapat melihat kemampuan berbelanja mereka.
Selain itu, dengan melakukan perencanaan keuangan, hidup akan menjadi lebih tenang dengan tidak adanya hutang pada akhir bulan. Perencanaan keuangan juga akan membuat seseorang bisa memperoleh berbagai keinginannya.
Adapun perencanaan keuangan yang dimaksudkan meliputi pengeluran pokok, tabungan, dan pengeluaran untuk kebutuhan. Ketika semua itu telah terencana dengan baik, seseorang dapat berjalan dengan lebih santai dan tanpa beban.
Sebelumnya, Retail Bank Head Citibank, Meliana Sutikno, di acara tersebut mengatakan, Citi Indonesia meluncurkan program pendidikan keuangan Managing Your Wealth ini dalam bentuk yang akan dipromosikan di kampus-kampus. Buku tersebut terdiri dari enam buku dengan topik pembahasan yang berbeda-beda sesuai dengan tahap kehidupan.
Meliana mengungkapkan, buku ini tidak akan dijadikan buku pelajaran wajib para mahasiswa, melainkan hanya sebagai tambahan. Buku-buku tersebut tidak dijual bebas, karena didistribusikannya lewat perpustakaan kampus seperti di Prasetya Mulia Business School, Binus Businesss School, dan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sasaran buku ini rasanya tepat untuk para mahasiswa, apalagi yang mau lulus dan akan bekerja, karena mereka mulai akan mengatur rencana keuangannya sendiri," ujarnya. (sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/01/17073517/Kuliah.Jangan.Besar.Pasak.dari.Tiang..)

Tickerbar

KumpulBlogger