Tuesday 17 August 2010

HARUS KERJA KERAS, TAPI TIDAK BOLEH LUPA YANG INI JUGA

Beberapa bulan yang lalu, aku mendengar nasihat ini dari salah seorang mentorku, sebuah nasihat yang secara tiba-tiba muncul kembali di malam hari ini. Nasihat tersebut akan aku tuliskan agar aku tidak lupa atau seandainya ketika aku lupa sekalipun, aku masih memiliki catatan dan ketika aku membacanya aku akan diingatkan kembali. Nasihat tersebut adalah nasihat yang sangat berharga dan akan terus aku bawa sampai ke masa depan dan bahkan sampai kapanpun. Berikut nasihat tersebut.
Sebenarnya nasihat yang mentorku ucapkan sangat singkat yaitu, “kita harus bekerja keras dalam hidup kita untuk meraih sesuatu yang kita impikan, tapi kita juga tidak boleh lupa bahwa kita juga harus atau berhak menikmati setiap hasil kerja keras yang kita lakukan”. Sore tadi, aku baru saja melakukan atau menerapkan apa yang nasihat tersebut cantumkan dan kemungkinan besar pada tanggal 27 Agustus nanti aku juga akan menerapkannya sekali lagi bersama dengan kawan-kawanku. Sore ini, di hari yang bertepatan dengan libur nasional memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia ke-65, aku dan juga kedua adikku memutuskan untuk berjalan-jalan bersama. Acara jalan-jalan ini selain berfungsi untuk meredakan ketegangan, untuk bersantai sejenak disela-sela aktivitas lain yang ada, juga berfungsi sebagai family time atau waktu untuk berkumpul bersama keluarga.
Ya, aku dan juga semua orang yang telah bekerja keras memberikan yang terbaik yang dapat dia berikan kepada setiap apapun yang dia kerjakan, berhak untuk menikmati hasil dari setiap jerih lelah yang dia keluarkan. Setiap orang berhak menikmati hasil dari setiap keringat yang telah dia cucurkan dan tenaga yang telah dia hamburkan untuk menuntaskan seluruh pekerjaan atau tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Ya, mereka berhak, meskipun mungkin dengan cara yang berbeda-beda, dengan aktivitas yang berbeda-beda, atau dalam tingkatan yang berbeda-beda, namun yang pasti setiap orang berhak.
Aku dan juga kedua adikku, serta nanti pada tanggal 27 Agustus aku dan teman-temanku, akan mencoba melakukannya dengan cara kami masing-masing. Yang jelas tidak cuma bekerja keras, namun juga menikmati hasil dari kerja keras tersebut. Sebab setiap hal harus dinikmati atau disyukuri dengan beragam cara, karena segala hal yang ada dalam kehidupan semuanya adalah anugerah dari Tuhan. Kerja keraslah, tapi jangan lupa untuk menikmati hasilnya !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger