Friday, 15 February 2013

Menjaga Semangat Agar Terus Menyala

Sebagai manusia, memang sering kali kita dapat saja kehilangan semangat atau semangat kita menurun pada waktu-waktu tertentu. Padalah pada saat yang sama kita sedang butuh semangat yang sangat besar untuk dapat menghadapi rintangan atau tantangan dalam pekerjaan atau apapun. Saya juga terkadang mengalami masalah menurunnya semangat bertarung atau semangat juang dalam menyelesaikan setiap pekerjaan atau tanggung jawab yang ada. Saya pun terus dan terus mencari cara agar semangat ini dapat terus dan tetap membara setiap saat, khususnya ketika dibutuhkan.
Salah satu cara yang dapat dipakai saya pelajari dari seorang motivator ternama di negara kita, yaitu dengan cara melonjak-lonjak di tempat untuk membangkitkan serta menggerakkan adrenalin yang ada di dalam diri kita. Setelah mencoba beberapa kali, cara tersebut memang efektif untuk membangkitkan semangat dan sangat cocok untuk selalu dilakukan setiap kali semangat sedang menurun. Hal lain lagi yang sedang saya coba lakukan untuk membangkitkan semangat adalah mendengarkan atau memutar lagu-lagu dengan irama yang menghentak yang dapat memunculkan getaran-getaran di dalam diri kita atau lagu-lagu yang dapat menimbulkan imaji yang memacu semangat di dalam benak kita. Cara terakhir yang sedang juga saya coba adalah mengeluarkan kata-kata tertentu yang mengacu atau menimbulkan sensasi seperti kita sedang membuang beban atau memicu keluarnya aliran tenaga di dalam diri kita, kata yang biasa saya gunakan adalah ‘hoooahh !’. Saya mengucapkannya sambil mengepalkan tangan untuk semakin menambah sensasi bersemangat.
Saya dapat menyarankan hal-hal di atas, bukan berarti saya sudah sempurna dalam menerapkannya. Saya pun masih dan terus belajar agar dapat memanfaatkan cara-cara tersebut dengan sebaik-baiknya agar semangat dan gairah untuk berjuang dan bertempur dapat terus menyala-nyala. Cara yang disebutkan di atas dapat bekerja untuk saya, namun bukan berarti cara yang sama juga akan bekerja untuk semua orang. Silakan dicoba, namun jika kurang atau tidak berhasil, maka silakan mencari atau mencoba menemukan cara atau teknik yang paling tepat bagi diri kalian masing-masing. Semoga bermanfaat bagi kita semua !

Tickerbar