Wednesday, 23 January 2013

Senantiasa Mengawasi Diri Sendiri


Sebagai manusia, adalah wajar jika pada suatu waktu kita membuat kesalahan atau kelalaian. Pada suatu waktu tertentu terkadang kita melanggar disiplin yang sudah kita terapkan sebelumnya untuk diri kita sendiri. Terkadang kita melanggar disiplin waktu tidur, disiplin waktu makan, disiplin kerja, dan berbagai macam aturan bermanfaat lain dalam hidup kita. Sebelumnya mungkin kita pernah mengingatkan diri sendiri agar selalu fokus pada impian atau membiasakan diri mengerjakan suatu kebiasaan positif baru yang bermanfaat, namun terkadang pula kita lalai mengerjakan disiplin positif yang telah kita katakan atau tetapkan bagi diri kita sendiri.
Sungguh, mungkin dapat dikatakan wajar jika dalam sejumlah kesempatan kita tidak tertib atau tidak berlaku sesuai dengan aturan positif yang kita tetapkan sendiri. Namun hal tersebut tidak boleh kita abaikan begitu saja, minimal tidak boleh lolos dari pengamatan kita sendiri untuk kemudian dapat diperbaiki dan dapat meningkatkan kualitas diri kita secara pribadi. Kita perlu menjadi pengawas disiplin yang baik untuk diri kita sendiri. Mengamati setiap pelanggaran aturan yang kita lakukan, mengingatkan dan mendisiplinkannya, dan kemudian menerapkan perbaikan diri yang positif untuk dapat kembali berdisiplin. Memang adalah wajar pada beberapa kesempatan kita lalai menjalankan disiplin, namun jika terlalu sering, hal itu menjadi tidak wajar bagi seseorang yang memimpikan dirinya menjadi seorang yang besar. Sering lalai dalam menjalankan disiplin yang positif adalah tidak wajar bagi seseorang yang ditakdirkan menjadi pribadi yang hebat nan sukses luar biasa di masa depan. Oleh karenanya, kita perlu terus dan selalu menjagai serta mengawasi diri kita sendiri. Kita perlu belajar untuk dapat menjadi pelaku disiplin serta pengawas disiplin bagi kebaikan diri kita sendiri.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah wajar saja sebagai seorang manusia kita menjadi tidak disiplin dalam menjalankan kebiasaan-kebiasaan positif, namun kita perlu untuk tetap dapat mengawasi diri sendiri setiap kali diri kita melanggar disiplin positif tersebut. Pengawasan diri ini penting agar diri kita tidak terlalu lama berada dalam 'zona pelanggaran' tersebut dan dapat segera kembali ke jalur kebiasaan positif pencapaian yang luar biasa. Sebagai individu yang mentakdirkan dirinya sendiri untuk menjadi hebat nan sukses luar biasa, maka kita perlu menerapkan pengawasan dan menjalankan disiplin mental yang berbeda dibandingkan mereka yang tidak mentakdirkan dirinya sendiri untuk menjadi hebat nan sukses luar biasa. Semoga tulisan dapat menjadi pengingat agar kita selalu menjadi pengawas yang baik bagi kebiasaan-kebiasaan kita setiap hari. Semoga !

Tickerbar