Friday, 26 November 2010

Optimalkan Cloud Computing, Hitachi Gandeng Microsoft

Hitachi Data Systems menjalin kerja sama dengan Microsoft untuk mewujudkan platform komputasi terpadu yang akan menjadi landasan bagi penerapan komputasi awan (cloud computing) baik di lingkungan publik maupun privat.

Platform komputasi terpadu Hitachi ini diharapan menjadi lapisan orkestrasi cerdas untuk mengotomatisasi manajemen server, storage, jaringan dan aplikasi secata otomatis sebagai satu kesatuan. Dalam komputasi, orkestrasi adalah pengaturan, koordinasi dan manajemen komputer, peranti lunak penghubung dan layanan secara otomatis.

Dalam lingkungan komputasi berskala besar, manfaat lapisan orkestrasi ini adalah memungkinkan TI selaras dengan tujuan bisnis sekaligus mengurangi biaya dan tingkat risiko. Lapisan komputasi dalam platform komputasi terpadu ini juga memudahkan organisasi memanfaatkan teknologi dari Hitachi dan Microsoft.

“Pendekatan cloud computing berusaha mewujudkan TI yang fleksibel selaras dengan tuntutan bisnis,'' kata Ming Sunadi, Country Manager Hitachi Data Systems Indonesia. Ia menambahkan bahwa Cloud Computing berawal dari data center. Data center terdiri dari network, server, storage dan aplikasi.  ''Tantangannya adalah bagaimana mengelola semuanya sehingga bisa fleksibel dan lincah,'' kata Ming.


Pada program ini Microsoft akan memasok produk unggulannya, antara lain Windows Server, Microsoft Exchange Server dan SQL server. ''Ini akan  mendukung inovasi-inovasi dari dari Hitachi guna memberikan nilai tambah yang lebih terutama dalam meningkatkan efisiensi dan produktifitas bagi pelanggan dan pasar di Indonesia,” kata Adrian Anwar, Server Group Lead Microsoft Indonesia.

Solusi Hitachi menggabungkan produk peranti lunak, storage dan server Hitachi Data Systems, peranti lunak infrastruktur Microsoft, teknologi virtualisasi Hyper-V dan database SQL Server serta sejumlah produk jaringan untuk menyediakan platform komputasi kelas enterprise dengan virtualisasi tingkat tinggi. Platform ini akan mendukung kebutuhan kan skalabilitas sangat tinggi dan besar, juga dukungan bagi perusahaan yang sedang mengalami masa transisi ke sistem cloud privat dalam data center. (sumber: www.republika.co.id).

Tickerbar

KumpulBlogger