Sunday, 27 November 2016

Batas Aman MInum Kopi Dalam Sehari

batas aman minum kopi dalam sehari
Batas aman minum kopi dalam sehari
Siapa yang tak mengenal kopi ? Minuman yang aslinya berwarna hitam ini merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Minuman yang diekstrak dari biji tanaman Coffea sp. ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Arab. Kemudian disebarkan ke seluruh dunia oleh bangsa-bangsa Eropa.

Saya yakin banyak diantara kita yang merupakan penggemar kopi, khususnya para pria. Hal yang biasa dicari di pagi hari tak lama setelah bangun tidur biasanya adalah kopi. Rasanya ada sesuatu yang kurang jika belum mengawali pagi hari dengan meminum secangkir kopi. Saya pun merupakan salah satu penggemar alias peminum kopi. Saya pun telah beberapa kali menulis tentang sesuatu yang berhubungan dengan kopi, diantaranya Manfaat Lain Kafein Yang Mungkin Tak Pernah Kita Sadari atau Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh ?

Kali ini saya akan menulis lagi suatu artikel yang berhubungan dengan kopi. Sesuatu yang seharusnya bermanfaat bagi kita semua, khususnya para penikmat kopi, dan juga orang-orang yang mau tahu batas aman minum kopi dalam sehari. Saya sendiri termasuk peminum kopi dan mungkin bisa dibilang peminum kopi akut karena tampaknya saya sering menikmati kopi melebihi batas aman minum kopi dalam sehari yang akan saya share disini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Kopi, seperti yang pernah saya tulis pada beberapa judul artikel yang saya cantumkan di atas, memiliki beberapa manfaat kesehatan. Hal ini tentu saja dapat membuat para pecinta kopi dan penikmat bangga dan berbahagia. Kopi banyak mengandung anti oksidan dan diketahui bahwa empat cangkir kopi tanpa gula dapat mengurangi resiko kanker kulit melanoma sebesar 20 persen.


Tapi apakah ada diantara kita yang tahu atau pernah bertanya, berapa batas aman minum kopi dalam sehari ? Berapakah jumlah maksimal cangkir kopi dalam sehari yang masih dapat disebut aman untuk dikonsumsi dan berapakah jumlah yang disebut terlalu banyak yang dapat membahayakan kesehatan kita ? Mari kita cari tahu bersama.

Satu hingga tiga cangkir kopi sehari
Jumlah konsumsi ini dapat sedikit meningkatkan risiko menderita tekanan darah tinggi, demikian menurut sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition. Akan tetapi, mereka yang mengkonsumsi kurang dari jumlah tersebut ternyata juga tidak mengalami pengurangan risiko.

Penelitian lainnya menyatakan bahwa wanita yang meminum dua cangkir kopi sehari, risiko mengalami gagal jantung nya 11 persen lebih rendah dibanding mereka yang mengkonsumsi kurang dari dua cangkir sehari. Sementara itu, mereka yang mengkonsumsi dua sampai tiga cangkir sehari memiliki risiko meninggal karena penyakit jantung hingga 25 persen lebih rendah dan risiko meninggal karena sebab-sebab lain hingga 18 persen lebih rendah, ungkap penelitian yang dimuat dalam jurnal Annals of Internal Medicine.

Namun terdapat suatu pengecualian bagi mereka yang memiliki metabolisme kafein yang lamban. Bagi mereka justru risiko terkena penyakit jantung meningkat sebesar 36 persen.

Tiga sampai lima cangkir sehari
Orang-orang yang mengkonsumsi tiga sampai empat cangkir kopi dalam sehari memiliki risiko terkena diabates sekitar 25 persen lebih rendah dibandingkan yang minum kopi kurang dari dua cangkir sehari, demikian menurut penelitian yang dipresentasikan pada Kongres Dunia mengenai Pencegahan Diabetes dan Komplikasinya pada tahun 2012.

Namun, bagi orang yang sudah memiliki riwayat diabetes, mengkonsumsi empat cangkir kopi dalam sehari, justru dapat meningkatkan kadar gula darah sebanyak delapan persen dan hal ini dapat memperburuk gejala diabetes mereka, demikian menurut studi yang dimuat dalam Diabetes Journal.
Manfaat lain meminum kopi tiga sampai lima cangkir sehari telah terbukti membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer hingga 20 persen dan menurunkan risiko kematian akibat kanker mulut sebesar 49 persen.
Namun perlu diketahui pula bahwa jenis kopi yang kita konsumsi juga akan turut berpengaruh. Sebagai contoh, kopi press brews Prancis mengandung cafestol yang merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Ini menjelaskan mengapa penelitian menyebutkan bahwa minum lima cangkir kopi Prancis setiap hari dapat meningkatkan kadar lemak jahat di dalam tubuh kita sebesar enam sampai delapan persen.
Di sisi lain, juga perlu diketahui bahwa meminum lima cangkir kopi regular setiap hari dapat mempengaruhi keberhasilan pembuahan in vitro kira-kira sebesar 50 persen.
Enam cangkir kopi sehari
Kedengarannya jumlah tersebut sangat banyak dan berlebihan. Tapi, wanita yang meminum enam cangkir kopi sehari memiliki risiko kematian 15 persen lebih rendah dibandingkan yang minum kurang dari jumlah tersebut.
Dalam penelitian yang dimuat di New England Journal of Medicine, kopi yang diteliti adalah jenis kopi tanpa kafein dan tapa gula.
Di sini kita mendapatkan kesan bahwa minum kopi, meski dalam jumlah yang sangat banyak, dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar dibandingkan kerugian yang mungkin kita peroleh.
Untuk memastikan apakah kesan ini benar atau tidak, Rob van Dam, Ph.D., asisten profesor di departemen nutrisi Harvard School of Public Health, akan memberikan penjelasannya. "Kami belum melihat bahwa minum kopi, bahkan sampai enam cangkir sehari, bisa meningkatkan risiko kematian atas suatu penyakit, jika dibandingkan dengan tidak meminum kopi", demikian ucapnya.
Jadi, jika kita ingin melindungi jantung dan memperpanjang umur, minumlah kopi tiga sampai lima cangkir sehari dengan ukuran cangkir 236 ml dan bukan gelas besar di gerai-gerai kopi yang ukurannya lebih dari setengah liter ditambah krim, gula, dan lain sebagainya.
Pengecualian berlaku untuk wanita hamil karena kafein dapat membahayakan perkembangan dan pertumbuhan janin, orang yang rentan kafein bisa membuat mereka gelisah dan jantung berdetak cepat, dan juga mereka yang memang tidak menyukai kopi sebagai minuman. Untuk mereka, van Dam menyarankan agar minum air dan teh karena dua jenis minuman itu juga termasuk minuman yang sehat.
Itulah bahasan atau penjabaran dari berbagai penelitian maupun ahli kesehatan serta ahli gizi mengenai batas aman minum kopi dalam sehari. Setelah membaca itu semua, saya ternyata baru tahu dan sadar bahwa ternyata saya masih mengkonsumsi kopi dalam batas aman minum kopi dalam sehari, sebab saya rata-rata hanya mengkonsumsi sekitar 3-4 cangkir atau gelas kopi dalam sehari. Itupun baru saya konsumsi jika saya benar-benar membutuhkan, misalnya ketika hendak ke gym atau ketika sedang mengantuk berat.
Demikian informasi mengenai batas aman minum kopi dalam sehari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.
sumber: diolah dari berbagai sumber.

Tickerbar

KumpulBlogger