Thursday, 3 June 2010

PELAJARAN #5 DARI PEKAN KAMPUS 2009: TIM ADALAH KUNCI MERAIH KEMENANGAN YANG LUAR BIASA

Ini adalah rangkaian tulisan kelima yang berhubungan dengan pelajaran-pelajaran yang saya peroleh dari Pekan Kampus 2009 (dan saya masih belum tahu akan sampai berapa banyak rangkaian tulisan ini). Kumpulan pelajaran yang sangat berharga untuk membentuk karakterku sebagai pribadi maupun sebagai pemimpin masa depan dunia. Semoga pelajaran-pelajaran ini tidak hanya berguna bagiku, namun juga bagi semua orang yang membacanya.

Seperti yang pernah aku sebutkan pada tulisan sebelumnya, awalnya aku adalah seorang yang bisa dibilang egois dan invidualistik. Namun, aku sangat beruntung memiliki seorang mentor secara tidak langsung seperti John Maxwell yang menyadarkanku akan arti penting sebuah tim. Maxwell mengatakan bahwa tanpa tim seorang pemimpin akan bekerja keras sendirian dan pontang-panting menyelesaikan semua pekerjaan atau tanggung jawabnya.

Awalnya selama Pekan Kampus 2009 berlangsung, baik saat masih rapat maupun saat pelaksanaannya, aku tidak menyadari betapa pentingnya peran tim yang aku pimpin. Saat itu aku menyadari bahwa tanpa mereka aku tidak bisa bekerja dengan maksimal, namun aku tidak sepenuhnya menyadari peran penting mereka dalam menopang kerjaku sebagai seorang ketua Pekan Kampus 2009. Beberapa bulan setelah berakhirnya Pekan Kampus 2009, aku menggunakan waktu yang ada untuk merenungkan semuanya dan memperoleh kesadaran-kesadaran yang sangat berharga. Salah satunya adalah tentang betapa besar peran orang-orangku dalam mensukseskan kerjaku selama Pekan Kampus 2009.

Tanpa mereka, aku tidak bisa menangani seluruh peserta Pekan Kampus 2009 yang jumlahnya mencapai hampir 200 orang. Tanpa mereka, tak mungkin aku bisa membuat acara-acara yang unik untuk Pekan Kampus 2009. Tanpa mereka, tak mungkin ditengah-tengah kesibukanku mengurus beberapa hal yang berkaitan dengan Pekan Kampus, aku masih sempat membuat program untuk mencatat data peserta Pekan Kampus 2009. Tanpa mereka, tak mungkin aku bisa mengangkat seluruh tenda yang akan digunakan oleh panitia maupun peserta selama kemping Pekan Kampus 2009 serta mendirikan tenda-tenda tersebut. Masih banyak bantuan-bantuan lain lagi yang mereka semua berikan kepadaku guna mensukseskan tanggung jawabku sebagai ketua Pekan Kampus 2009.

Ya, aku memang sangat terlambat menyadari betapa berharganya seluruh bantuan yang telah mereka keluarkan serta berikan kepadaku. Aku waktu itu terlalu egois dan mementingkan diriku sendiri dan kurang mempedulikan mereka serta seluruh upaya terbaik yang telah mereka kerahkan untukku. Now, I wanna say forgive me for my mistake when Pekan Kampus 2009 is ongoing. Aku bangga dan sungguh sangat berterima kasih atas seluruh bantuan yang telah kalian berikan dengan sepenuh hati kalian. Thanks to you all panitia Pekan Kampus 2009 ku. Love you all !

Tulisan ini didedikasikan untuk semua orang yang telah bersedia bekerja sangat keras untuk membantuku mensukseskan jalannya seluruh kegiatan Pekan Kampus 2009. Without you all I just can do very little jobs alone. Your help is worthwhile for me. God bless you all my team !

Tickerbar

KumpulBlogger