Thursday 3 June 2010

MENJAGA GAIRAH UNTUK TERUS BEKERJA KERAS

Judul tulisan ini adalah sesuatu yang sedang berusaha aku lakukan, terus dan terus. Setiap orang membutuhkan gairah atau passion atau desire untuk bisa membantunya meraih sukses yang luar biasa dalam setiap hal yang dia kerjakan. Gairah dapat membantu seseorang untuk selalu bekerja dengan maksimal, sebab dia selalu merasa tertantang untuk memberi yang terbaik dan bahkan lebih dari pada yang dapat dia berikan.

Prinsip yang baru aku sadari ini ternyata merupakan prinsip yang dahulu membantu menaiki jenjang jabatan dalam ‘karier’ berorganisasiku selama di kampus. Semuanya berawal dari tahun 2006, tahun dimana aku menjadi panitia Pekan Kampus untuk pertama kali. Berawal dari organisasi tersebut, aku mulai membangun kegemilangan dalam setiap kerja sehingga pada akhirnya aku memperoleh kepercayaan yang lebih banyak lagi dan selalu menjadi orang yang diharapkan untuk ada dalam setiap organisasi atau tim kerja. Aku sadar bahwa ternyata satu hal yang menjadi pembeda antara aku dan sebagian besar rekan atau partner kerjaku yang lain adalah gairah atau semangat yang selalu ada dan menyala-nyala dalam diriku. Suatu gairah yang tidak pernah padam, meskipun kadang aku sendiri dalam kondisi lelah.

Aku ingat bahwa aku selalu menjadi salah satu orang yang masih memiliki sisa semangat saat sebagian besar yang lain mulai kehilangan gairah atau semangat bekerja. Ya, aku dan beberapa orang lain yang masih memiliki sisa gairah atau semangat itulah yang pada akhirnya membantu rekan-rekan yang lain untuk kembali termotivasi untuk bekerja serta menyelesaikan semua pekerjaan atau tanggung jawab yang belum terselesaikan. Namun, secara tidak sadar bahwa prestasi kerja yang bagus itu sempat aku terlena dan ditambah lagi dengan pengaruh-pengaruh lain, akhirnya aku jadi melupakan pentingnya memiliki gairah dalam pekerjaan.

Sejak sekitar tahun 2008 awal, aku mulai sedikit demi sedikit melupakan prinsip yang pernah aku pegang teguh, aku jalankan, serta aku ajarkan. Hal tersebut berakibat pada menurunnya kinerjaku secara pribadi dan secara tidak langsung juga mempengaruhi kinerja timku. Namun itu adalah masa lalu. Kini, sejak awal tahun 2010, setelah aku melakukan perenungan dan pembelajaran kembali akan sebab-sebab penurunan kinerja tersebut, akhirnya aku menemukan sesuatu yang sangat berharga. Sesuatu yang sangat berharga itu adalah prinsip akan pentingnya memiliki gairah serta pentingnya memiliki kemampuan untuk memelihara gairah tersebut tetap ada dari awal sampai akhir.

Berawal dari kesadaran serta penemuan kembali akan prinsip tersebut, kini aku sedang belajar, merenungkan, dan mencoba menerapkannya kembali. Suatu proses yang tidak mudah untuk mulai membiasakan diri memiliki gairah yang terus menyala-nyala dalam hidup, setelah sekian lama melupakannya. Namun aku bersyukur bahwa aku masih boleh menyadari serta menemukan kembali prinsip tersebut.

Bagi kalian semua yang membaca tulisan ini, bila kalian sadar bahwa kalian dianugerahi suatu gairah atau semangat yang lebih, manfaatkanlah itu untuk membantu diri kalian serta rekan-rekan disekitar kalian untuk mencapai yang terbaik yang dapat kalian semua capai. Demikian sekadar berbagi sedikit cerita, semoga berguna. Thanks for reading !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger