Friday 12 March 2010

UNTUK APA KITA BELAJAR ?

Beberapa waktu lalu aku terpikir mengenai gagasan untuk membuat tulisan dengan judul seperti judul tulisan ini. Dalam pikiranku tiba-tiba saja muncul sebuah renungan, untuk apakah kita semua belajar ? Renungan ini didasari oleh fakta bahwa beberapa orang yang memiliki kesempatan untuk belajar tidak sungguh-sungguh belajar dan bahkan beberapa waktu terakhir ini terkuak sebuah kasus tentang adanya beberapa orang calon guru besar yang menjiplak makalah atau karya ilmiah orang lain untuk dijadikan karya ilmiahnya dalam rangka memperoleh gelar guru besar.

Dari situ aku terpikir, apakah hanya gelar saja tujuan dari kita belajar ? Atau mungkin hanya nilai-nilai mata kuliah atau grade A, B, C, dan seterusnya yang menjadi tujuan kita semua belajar ? Memang tidak bisa dipungkiri bahwa gelar dan nilai juga termasuk sebagian dari tujuan kita belajar keras dalam hidup ini. Namun akhirnya aku sadar bahwa tujuan terpenting kita belajar adalah untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang dapat kita manfaatkan untuk meraih masa depan yang lebih baik bahkan juga dapat kita manfaatkan untuk membantu orang lain meraih masa depan mereka yang lebih baik.

Sungguh, akhir-akhir ini aku merasa malu dan sekaligus menyesal karena tidak memanfaatkan masa-masa belajar yang aku miliki dengan sangat baik. Aku malu melihat semangat belajar orang-orang yang secara materi atau kekayaan berada dibawahku, namun mereka begitu gigih dalam berjuang untuk meraih ilmu pengetahuan demi suatu impian memperoleh masa depan yang lebih baik. Aku menyesal karena tidak memaksimalkan seluruh kemampuan yang sudah Tuhan berikan dalam hidupku untuk meraih prestasi, padahal setiap kita termasuk aku diijinkan untuk ada di dunia ini dan untuk belajar serta mengembangkan diri adalah agar memperoleh prestasi sebanyak yang bisa kita dapatkan untuk kemudian dapat kita jadikan suatu persembahan bagi Dia yang telah memberikan kepada kita semua kemampuan dan bakat.

Sungguh akhir-akhir ini aku malu dan menyesal karena tidak memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan kepadaku itu dengan sebaik mungkin. Namun, aku akan melupakan semua yang sudah berlalu dan segera menatap kembali ke depan untuk memanfaatkan sisa waktu belajar yang aku miliki sekarang ini untuk meraih prestasi sebaik mungkin dan untuk belajar sebanyak mungkin ilmu pengetahuan yang akan membantuku untuk meraih hasil kerja yang terbaik di masa depan pada bidang yang ingin aku geluti. Aku juga berharap bahwa setiap orang yang memiliki kesempatan belajar dapat memanfaatkannya sebaik mungkin untuk memperoleh sebanyak mungkin ilmu pengetahuan dan sebagus mungkin nilai-nilai pelajarannya. Aku percaya bahwa setiap pengorbanan yang kita keluarkan berupa jerih payah dalam belajar tidak akan sia-sia. Suatu saat kita akan memperoleh hasil yang sesuai dengan seluruh jerih payah yang telah kita keluarkan untuk belajar. Aku percaya bahwa Dia tidak akan tutup mata untuk setiap usaha terbaik yang telah kita keluarkan. Aku percaya bahwa jika kita beri yang terbaik dari diri kita, maka Dia juga akan beri yang terbaik sesuai dengan apa yang sudah berikan. Tetap semangat belajar dan ingatlah bahwa belajar adalah sebuah proses yang berlangsung seumur hidup !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger