Friday 12 March 2010

MENGUMPULKAN BAKAT-BAKAT TERBAIK

Apa maksud dari judul tulisan ini ? Mungkin bagi sebagian besar orang judul ini tampak aneh ! Namun sungguh hal ini yang saat ini sedang saya upayakan lebih lagi yaitu untuk mengumpulkan orang-orang yang punya bakat-bakat hebat menjadi satu tim. Kerinduan ini berawal beberapa waktu yang terinspirasi dari cerita yang ada dalam buku berjudul Google Success Story. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa Google telah menjadi tempat bekerja yang paling nyaman bagi para ahli-ahli matematika dan komputer terbaik yang ada di Amerika. Cerita tersebut yang menjadi sumber inspirasi bagi saya dan telah saya coba terapkan saat saya menjadi Ketua Pekan Kampus 2009. Saya berhasil mengumpulkan beberapa orang terbaik, sebagian dari orang-orang pintar yang ada di kampus saya ISTTS (Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya). Sungguh saya senang ketika berhasil mengumpulkan mereka semua menjadi partner kerja saya.

Di masa depan, ketika saya akan membentuk suatu organisasi kerja yang lain, saya akan kembali mencoba untuk mengumpulkan orang-orang terbaik yang dapat saya jumpai menjadi satu tim. Satu impian saya adalah melalui orang-orang terbaik yang memiliki bakat-bakat yang unik tersebut, saya bisa menciptakan suatu tim yang memiliki kemampuan atau kinerja yang luar biasa. Suatu tim yang terdiri gabungan orang-orang yang memiliki bakat yang berbeda-beda namun dapat memanfaatkan bakat tersebut untuk saling melengkapi satu dengan yang lain dan menciptakan prestasi bersama-sama.

Selain itu saya juga punya impian untuk memberikan suasana dan fasilitas terbaik yang memungkinkan tim tersebut untuk dapat bekerja dengan senang, nyaman, serta memungkinkan mereka semua untuk terus mengembangkan diri sampai mencapai potensi terpenuh mereka. Hal tersebut masih menjadi impian yang sebagian sudah terwujud melalui Pekan Kampus 2009, namun impian tersebut masih belum sepenuhnya terwujud dan masih harus diupayakan agar dapat benar-benar terwujud sepenuhnya. Saya ingin memiliki suatu organisasi atau tempat kerja atau perusahaan yang dikenal sebagai tempat untuk bekerja yang paling nyaman sekaligus sebagai tempat yang tepat bagi setiap individu untuk dapat memaksimalkan dirinya serta seluruh potensi yang telah Tuhan berikan kepadanya.

Saya sadar bahwa impian tersebut tampaknya seperti suatu impian yang terlalu muluk-muluk, begitu kata orang-orang Jawa yang beberapa kali saya dengar. Namun saya percaya selama impian tersebut terus diberi nafas kehidupan, maka suatu saat nanti impian tersebut pasti terwujud. Hal ini sudah saya buktikan melalui keberhasilan saya menjadi Ketua Pekan Kampus 2009. Awalnya menjadi Ketua Pekan Kampus adalah sebuah impian yang muncul pada tahun 2007, ketika memasuki masa pemilihan Ketua Pekan Kampus 2008 saya memutuskan mendaftarkan diri sebagai calon ketua. Segala hal saya pelajari agar dapat lolos dalam pemilihan ketua, namun ternyata saya masih belum berhasil. Saya sempat down dan memutuskan untuk tidak mencoba lagi, namun akhirnya saya berubah pikiran dan saya kembali meniupkan nafas kehidupan untuk impian saya tersebut sehingga pada akhirnya impian tersebut kembali tumbuh subur dalam pikiran saya. Pada periode pemilihan berikutnya, saya kembali mendaftar dan akhirnya saya benar-benar mampu mewujudkan impian tersebut. Dari situ saya semakin yakin bahwa impian perlu terus diberi nafas kehidupan agar dia dapat bertumbuh subur dan menjadi kenyataan suatu saat nanti.

Kini nafas kehidupan tersebut saya tiupkan terus dan terus untuk impian saya yang baru yaitu memiliki organisasi yang terdiri dari kumpulan orang-orang berbakat yang dapat saya temukan disekitar saya. Sungguh impian yang indah sekali bagi saya. Namun saya sadar bahwa untuk hal tersebut dapat terwujud nyata, saya masih membutuhkan perjuangan yang panjang dan mungkin saja tidak mudah. Namun saya akan tetap akan berjuang sampai impian tersebut terwujud. Saya tidak akan pernah berhenti menghidupi visi atau impian yang sudah ada dalam diri saya tersebut. Tetap berjuang ! Sekian.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger