Sunday, 21 March 2010

PROGRAMMING IS ALSO AN ART

Beberapa waktu terakhir ini aku memperoleh suatu kesadaran yang indah dan berharga dalam hidup. Aku menyadari bahwa ternyata programming atau membuat program adalah sebuah seni. Sebuah seni yang sama seperti seni-seni yang lain.

Jika dalam seni tulis atau bahasa, kita berurusan dengan bagaimana memilih kata-kata yang tepat yang akan menjadi bagian dari isi tulisan kita dan kemudian merangkainya menjadi sebuah kalimat yang memiliki sebuah makna, demikian juga dengan programming, ketika kita melakukan programming sebenarnya kita memilih logika-logika yang tepat yang dapat membantu untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu dan kemudian menyusunnya menjadi suatu baris program. Ketika dalam menulis kalimat demi kalimat yang sudah kita susun serta kemudian merangkainya menjadi suatu paragraf, pada programming hal yang serupa kita lakukan, baris demi baris kode program yang sudah ditulis akan dirangkai menjadi suatu sub program yang dapat menyelesaikan masalah yang lebih besar. Itulah kurang lebih perbandingan antara seni membuat program dengan seni tulis. Sekarang bagaimana perbandingannya dengan seni yang lain ?

Ketika seseorang membuat lukisan atau desain gambar lainnya, dia berusaha untuk menentukan pilihan warna yang akan dipakai untuk membuat suatu citra atau gambar pada lukisannya, demikian juga dengan programming, para programmer berusaha untuk memilih warna-warna font, form, serta tampilan-tampilan yang sesuai yang enak dipandang oleh mata para pengguna program. Ketika seorang pelukis berusaha untuk menentukan letak-letak atau layout gambar-gambar yang menjadi bagian dari lukisannya secara menyeluruh, demikian juga dengan para programmer, mereka berusaha untuk menentukan letak-letak bagian tampilan program seperti kotak isian, tombol, dan sebagainya sehingga membuat tampilan program yang dibuatnya lebih mudah dimengerti oleh para pengguna. Itulah sedikit perbandingan antara seni lukis dan seni membuat program.

Dari melihat dua perbandingan contoh antara seni membuat program serta dua seni lain, kita semakin jelas mengetahui bahwa ternyata membuat program atau programming juga merupakan sebuah seni. Dalam membuat program, seorang programmer juga mengurusi layout tampilan program, bagaimana membuat sub-sub bagian kode program yang lebih terstruktur dan mudah dibaca serta dipahami, serta masih banyak lagi. Semoga tulis singkat ini membuka mata kita semua bahwa ternyata seni tidak hanya berupa seni-seni seperti yang sudah kita kenal pada umumnya, sebab ternyata seni itu memiliki banyak macam lainnya, seperti seni membuat program, seni mengajar, seni berbicara, dan juga banyak seni lainnya. Sekian tulisan singkat ini dan semoga berguna.

Tickerbar

KumpulBlogger