Tuesday, 12 July 2016

Pohon Tomat Raksasa Yang Ajaib

Pohon Tomat Raksasa Yang Ajaib
Pohon Tomat Raksasa Yang Ajaib
Kita semua pasti sudah mengenal tomat, buah yang yang banyak mengandung vitamin c ini biasa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dijadikan campuran masakan lain, digunakan sebagai bahan pelengkap sambal, maupun dijadikan sebagai salah satu bahan pembuat salad atau es buah. Pada umumnya atau rata-rata suatu pohon tomat dapat menghasilkan 5-9 buah tomat sekali panen. Namun ternyata di Walt Disney World Resort yang terletak di Florida, Amerika Serikat terdapat suatu pohon tomat raksasa yang bisa menghasilkan hingga puluhan ribu tomat pada sekali panen.

Pohon tomat raksasa yang diberi nama "Octopus Tomato Trees" ini bisa disebut pohon tomat ajaib. Pohon tersebut disebut sebagai pohon tomat gurita karena ukurannya yang melebihi ukuran pohon tomat normal yang memiliki rambatan yang luas. Seperti halnya pohon hibrida, pohon tomat ini berasal dari tanaman tomat tunggal yang dirambatkan pada suatu teralis yang besar sehingga pohon ini mampu tumbuh melebar hingga sekitar 50 meter persegi.

Saat musim panen tiba, pohon tomat raksasa itu mampu menghasilkan buah hingga sebanyak 32 ribu buah tomat secara bersamaan. Selain itu, pohon tomat raksasa ini juga menjadi salah satu obyek wisata yang menarik di Walt Disney World Resort karena tampilannya yang merupakan campuran antara hijaunya daun serta warna merah dari buat tomat yang menawan mata. Bibit pohon tomat gurita ini juga dijual di situs eBay dan Aliexpress.

Tampak Lebih Dekat Pohon Tomat Gurita Yang Ajaib
Tampak Lebih Dekat Pohon Tomat Gurita Yang Ajaib

Menurut info, pohon tomat raksasa ini pertama kali diciptakan di China. Salah seorang petugas di Walt Disney World Resort menuturkan bahwa dia pertama kali menemukan bibit pohon tomat gurita itu di Beijing dan dia kemudian memutuskan untuk membeli serta membawa bibit tomat tersebut ke Amerika Serikat untuk dijadikan obyek wisata yang menarik.

Bibit tersebut lalu ditanam serta dirambatkan pada area rambatan yang besar agar nantinya ketika bertumbuh dapat menjadi suatu tanaman yang rimbun dan cantik. Dibutuhkan waktu antara 1,2 sampai 1,5 tahun agar pohon itu dapat bertumbuh mencapai ukuran yang bagus. Selama sekitar 8 bulan pertama usia tanam, pohon ini tidak menghasilkan buah sama sekali. Namun ketika masa panen tiba, rata-rata buah tomat yang dihasilkan adalah 14 ribu buah tomat sekaligus.

Itulah sekilas mengenai pohon tomat raksasa yang ajaib yang terdapat di Walt Disney World Resort di Florida, Amerika Serikat. Apabila suatu saat ada yang kesana, tak ada salahnya untuk berkunjung dan melihat langsung pohon tomat gurita tersebut. Semoga bermanfaat.

diolah dari: www.detik.com

Tickerbar