Wednesday, 13 July 2016

Pokemon Go Sedang Populer. Apakah Indonesia Juga Kebagian ?

Game Pokemon Go
Game Pokemon Go (sumber: The Pokemon Company)
Sebelum ini, saya sudah pernah menulis tentang game Pokemon Go yang saat ini sedang heboh dimainkan oleh banyak gamer di seluruh dunia. Game yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia hasil olahan game. Sebuah game yang menuntut para pemainnya untuk aktif bergerak untuk dapat memperoleh monster-monster Pokemon yang diinginkannya.

Nah, di tengah kehebohan game berbasis augmented reality ini, tentu para gamer di Indonesia juga berharap-harap cemas serta menanti informasi mengenai kemungkinan mereka untuk dapat segera turut dapat memainkan game tersebut. Mereka pasti bertanya, apakah Indonesia turu kebagian peluncuran tahap awal dari game tersebut ? Ternyata, menurut informasi yang diperoleh dari kompas.com, game yang baru saja dirilis pada akhir pekan lalu tersebut baru tersedia untuk para pengguna iOS maupun Android di sekitar kawasan benua Amerika dan Australia saja.

Lalu kapankah kira-kira game tersebut akan dirilis secara resmi di Indonesia ? Menurut keterangan resmi yang diperoleh dari pembuat gamenya, Pokemon Company dan Niantic Labs baru akan melakukan peluncuran lanjutan di kawasan Kanada, Eropa, dan Amerika Selatan. Jadi dapat dipastikan bahwa Indonesia belum dapat turut memainkan game tersebut secara resmi. Dengan ini, para penggila game di tanah air harus lebih bersabar hingga game tersebut dirilis secara resmi di tanah air.


Kenapa game Pokemon Go kesannya masih dirilis secara terbatas ? Mungkin saja perusahaan pengembangnya masih sedang mempersiapkan infrastruktur yang lebih mumpuni untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan pengguna diluar apa yang mereka perkirakan sebelumnya dan tampaknya hal tersebut memang terbukti demikian. Akibat popularitasnya yang melonjak sedemikian pesat dalam waktu singkat, orang-orang dari berbagai tempat yang sudah memperoleh rilis resmi berbondong-bondong untuk mendownload game tersebut dan memainkannya. Hal tersebut pada akhirnya berdampak terhadap server dari game berbasis augmented reality tersebut yang beberapa kali sempat tumbang karena kewalahan menangani trafik yang ada.

Sebagai akibatnya, para gamer yang mestinya sudah bisa membuka akun mereka di permainan tersebut, justru tidak membuka serta memainkan game monster yang lucu tersebut. Pada halaman login game tersebut tertulis, "server kami sedang mengalami masalah. Harap kembali lagi nanti." Niantic Labs sebagai pengembang utama game tersebut sampai saat ini masih berupaya keras untuk dapat menstabilkan server game yang sedang kewalahan menangani permintaan dari user. Selain itu, mereka tampaknya juga akan menambah kapasitas dari server mereka sebelum memutuskan untuk merilis atau membuka akses ke game tersebut untuk lebih banyak orang.

Game Pokemon Go memang sudah berhasil membuat banyak orang penasaran sejak Nintendo mengumumkannya. Sebab game ini menawarkan suatu sensasi yang berbeda yaitu menangkap monster di dunia nyata, suatu hal yang belum pernah ditawarkan sebelumnya. Game Pokemon Go ini menggunakan teknologi augmented reality yang dikembangkan oleh Niantic Labs yang merupakan anak perusahaan dari Alphabet yang sebelumnya sudah dikenal lewat game Ingress yang juga berbasis teknologi yang sama.

Nah kesimpulannya, para gamer di Indonesia harus sedikit lebih bersabar sebelum dapat memainkan game Pokemon Go secara resmi sambil menunggu perusahaan pembuatnya membangun infrastruktur yang lebih memadai agar game dapat dimainkan dengan lancar tanpa gangguan yang berarti.

Update info, Pokemon Go sudah dapat dinikmati oleh semua gamer Indonesia. Untuk link downloadnya cek disini.

Tickerbar

KumpulBlogger