Sunday 18 December 2011

Mendayagunakan Waktu Dengan Maksimal


Beberapa bulan yang lalu (hampir satu tahun, jika saya tidak salah ingat), saya pernah menulis tentang manajemen waktu serta penjadwalan kegiatan harian di blog ini. Namun hingga saat ini, saya sendiri ternyata masih belum sepenuhnya dapat menjalankan kembali apa yang saya tuliskan tersebut. Apa yang tuliskan merupakan gambaran dari kebiasaan yang sebelumnya saya jalankan dengan baik, sebelum beberapa cara berpikir yang salah dan sejumlah godaan serta pilihan yang tidak tepat membuat saya menyimpang dari jalur.
Sekitar hampir dua bulan terakhir, saya habiskan untuk melatih diri saya dan memahami kembali seluruh prinsip-prinsip manajemen waktu, manajemen kegiatan harian, manajemen pikiran, dan sebagainya. Perlahan tetapi pasti seluruh upaya untuk mulai menampakkan hasil, meskipun belum sepenuhnya seperti hasil yang saya inginkan, namun saya akan terus belajar untuk menaikkan kembali standar saya serta kinerja saya kembali ke puncak.
Hari ini, saya pun disadarkan kembali tentang pemanfaatan waktu saya setiap hari, khususnya memanfaatkan waktu-waktu luang dengan sangat baik untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, baik bagi diri pribadi maupun orang lain. Beberapa bulan yang lalu, saya mengeluh kepada diri saya sendiri maupun kepada sejumlah kecil teman, bahwa saya seolah kehabisan waktu. Namun hari demi hari sejak saat itu, khususnya hari ini, saya semakin sadar bahwa ternyata tidak memanfaatkan waktu-waktu saya untuk kegiatan yang menghasilkan manfaat dalam segala macam bentuknya. Saya menyadari bahwa ternyata menghabiskan terlalu banyak waktu saya untuk memikirkan pikiran yang kurang bermanfaat, melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat, membaca terlalu banyak informasi yang tidak bermanfaat, serta sejumlah kegiatan yang tidak bermanfaat.

Saya mulai menemukan sumber-sumber yang menjadi penyebab ‘hilangnya’ waktu saya dengan cepat. Saya semakin tersadar setelah membuka salah satu koleksi buku elektronik yang saya miliki yang belum saya baca. Saya tersadar bahwa saya tidak memanfaatkan waktu-waktu luang saya dengan baik untuk kegiatan yang menghasilkan manfaat, khususnya menghasilkan lebih banyak uang, dari salah satu judul bab dalam buku tersebut.
Ya, mulai hari ini, saya akan kembali belajar satu hal lagi dalam memanfaatkan waktu-waktu yang saya miliki. Khususnya memanfaatkan waktu tersebut untuk menghasilkan lebih banyak uang maupun menghasilkan karya-karya yang dapat bermanfaat bagi orang lain dan yang pada akhirnya akan membawa manfaat pula bagi diri saya sendiri. Semoga saya dapat dengan penuh kedisiplinan, konsistensi, kegigihan, dan semangat dalam menerapkan ilmu-ilmu atau pelajaran-pelajaran baru yang saya dapatkan sehingga saya dapat memaksimalkan hidup saya. Semoga juga sharing singkat dapat memberikan inspirasi serta manfaat bagi setiap orang yang membacanya. Sukses untuk kita semua !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger