Wednesday, 19 January 2011

Sejarah Mozilla Firefox

Siapa yang tidak kenal dengan Firefox ? Semua orang hampir pasti tahu mengenai nama browser yang sangat terkenal ini. Bahkan karena popularitasnya, Firefox merupakan browser yang paling banyak digunakan di dunia saat ini yang berarti Firefox telah mampu menggeser posisi Internet Explorer (IE) milik Microsoft. Namun, apakah setiap orang dari kita, khususnya para pengguna setia Firefox mengetahui sejarah dari browser favorit kita ini ? Dalam tulisan kali ini saya akan berupaya bercerita sedikit tentang sejarah browser yang menyediakan sangat banyak add-ons sebagai salah satu fitur andalannya.
Mozilla Firefox demikianlah nama lengkap dari browser Firefox. Browser yang memiliki logo rubah api ini merupakan browser web terbuka yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Mozilla Foundation yang merupakan organisasi non-profit yang didukung oleh ratusan sukarelawan dari seluruh dunia mengembangkan Firefox dengan misi untuk mempromosikan keterbukaan, inovasi, dan peluang yang ada di web.
Firefox pertama kali dikenal dengan nama Phoenix dan kemudian sempat pula berganti nama Firebird sebelum akhirnya diberi nama sesuai namanya yang sekarang. Firefox pertama kali merupakan proyek yang dikembangkan oleh Dave Hyatt dan Blake Ross sebagai bagian dari proyek yang lebih besar yaitu Mozilla Project. Rilis pertamanya (versi 1.0) diluncurkan pada 9 November 2004. Hanya dalam 12 hari sejak rilis pertamanya tersebut, Firefox telah di download sebanyak 5 juta kali oleh pengguna dari seluruh dunia. Jumlah tersebut masih terus bertambah dan pada tanggal 24 November 2004 atau 15 hari sejak pertama kali diperkenalkan, browser ini telah di download oleh 6 juta pengguna dari seluruh dunia. Sebuah fenomena yang luar biasa bukan ?
Banyaknya jumlah download untuk browser ini dilatarbelakangi oleh kemampuan browser ini sendiri. Firefox dikembangkan sebagai sebuah browser yang kecil, cepat, sederhana, lintas platform, dan masih dapat dikembangkan. Selain itu Firefox juga dikenal karena sebagai browser yang memiliki fitur tambahan (dikenal juga sebagai add-ons) yang dapat ditambahkan ke dalam browser ini untuk memberikan fungsionalitas tambahan seperti tab yang dapat memiliki warna yang berbeda-beda, fitur yang menampilkan sejumlah web yang paling sering dikunjungi (mirip fitur yang dimiliki oleh Opera), dan lain-lain. Saat ini Firefox dan Thunderbird (software email client) menjadi software yang masih terus dikembangkan oleh yayasan Mozilla.
Mozilla Firefox dikembangkan berdasarkan browser engine Gecko. Engine Gecko merupakan browser engine terbuka sehingga memungkinkan engine ini digunakan untuk beragam pengembangan browser web yang lain. Gecko ini juga digunakan oleh cukup banyak browser lain seperti Camino, Flock, SeaMonkey, dan K-Meleon. Firefox yang merupakan browser lintas platform dapat digunakan di berbagai versi sistem operasi seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, FreeBSD, dan beragam sistem operasi lain.
Sejak versi 1.0 diluncurkan pada 9 November 2004, Firefox masih terus berkembang hingga saat ini. Perkembangan berikutnya dari Firefox adalah versi 1.5 yang diluncurkan pada 29 November 2005. Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Versi 3.0 diluncurkan pada 17 Juni 2008. Versi 3.5 diluncurkan pada 30 Juni 2009 dan versi 3.6 diluncurkan 21 Januari 2010. Sampai tulisan ini dibuat, Firefox telah sampai ke versi 4.0, namun versi yang stabil adalah versi 3.6.13 (untuk platform Windows).
Firefox sebagai browser web paling populer saat ini tentu saja memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya pantas menyandang status tersebut. Salah satu fitur yang membuatnya begitu populer adalah fitur add-ons, seperti yang telah saya sebutkan di atas. Selain fitur add-ons, Firefox memiliki banyak fitur lain diantaranya tabbed browser (satu window dapat menampilkan banyak tab yang masing-masing dapat menampilkan halaman web yang berbeda-beda), pemeriksa ejaan, bookmarks (penanda website favorit), serta telah menyertakan search engine Google sebagai sarana pencarian online.
Fitur add-ons Firefox yang saat ini jumlahnya telah mencapai ribuan dikembangkan oleh para pengembang yang bekerja di bawah yayasan Mozilla maupun oleh para pengembang mandiri dari seluruh dunia. Fitur andalan ini yang menjadi salah satu pembeda Firefox dengan browser-browser web yang lain. Diantara ratusan add-ons Firefox terdapat sejumlah add-ons yang populer digunakan oleh penggunanya, diantaranya DownThemAll! suatu ekstensi download manager/accelerator asli Firefox, Adblock Plus yang menyediakan kemampuan untuk memblokir iklan yang biasanya mengganggu dalam kegiatan berselancar kita, WoT (Web of Trust) merupakan ekstensi yang membantu untuk mengetahui web mana yang aman untuk kita kunjungi, Easy YouTube Video Downloader suatu ekstensi untuk membantu mendownload video dari YouTube tanpa perlu menggunakan software terpisah atau melalui web lain, Speed Dial suatu ekstensi yang menyediakan akses cepat untuk website yang sering kita kunjungi, dan masih banyak add-ons populer lainnya yang jumlahnya juga mencapai ribuan.
Itulah cerita singkat mengenai sejarah perkembangan Firefox serta bahasan singkat tentang fitur-fitur yang membuat Firefox menjadi salah satu browser terpopuler dunia. Untuk mendownload versi terbaru browser ini dapat mengunjunginya situsnya www.mozilla.com atau untuk mengetahui add-ons apa saja yang ada dapat mengunjungi link ini. Semoga cerita ini berguna.

Tickerbar