Friday 8 October 2010

KEBUTUHAN ATAU KEINGINAN ?

Pagi ini, sesaat setelah bangun tidur, aku secara tiba-tiba terpikir tentang dua kata ini, kebutuhan dan keinginan. Secara tiba-tiba aku teringat kejadian semalam ketika aku berusaha menahan godaan untuk makan di malam hari. Kemarin malam di kota tempat aku tinggal kebetulan sedang turun hujan dan ditengah cuaca dingin seperti itu seolah-olah perut ini kembali terasa lapar, padahal baru saja sekitar dua jam yang lalu selesai makan. Awalnya sempat ingin makan dengan makanan seadanya, tapi aku mencoba menahan keinginan tersebut dengan mengingatkan diri sendiri jika makan di malam hari mengakibatkan jadi gemuk.
Nah, dari kejadian tersebut, pagi ini secara tiba-tiba aku sadar bahwa ada beda antara kebutuhan dan keinginan. Kita butuh makan untuk memberikan asupan gizi dan tenaga bagi tubuh kita, tapi ketika ‘kebutuhan’ itu muncul atau dilakukan lebih dari sewajarnya mungkin itu sudah berubah menjadi keinginan. Kita butuh tidur sebab saat kita tidur sel-sel tubuh kita memiliki kesempatan untuk beristirahat serta memperbaiki sel yang rusak, tapi ketika ‘kebutuhan’ tidur itu sudah melebihi batas, jangan-jangan itu hanya sekedar keinginan atau rasa malas belaka. Kita butuh untuk bersenang-senang agar otak dan pikiran kita tidak selalu tegang, tapi jika ‘kebutuhan’ tersebut dilakukan berlebihan, bisa jadi itu sudah berubah menjadi keinginan untuk melalaikan tugas atau tanggung jawab yang mungkin bisa pula diartikan ingin menikmati kesenangan tanpa mau bersusah payah memperolehnya.
Dari kejadian-kejadian yang aku alami, aku sendiri masih terus dan terus belajar untuk membedakan kebutuhan dan keinginan. Belajar untuk mendahulukan kebutuhan dan kewajiban dibandingkan sekedar keinginan belaka. Hal ini sepertinya tidak mudah, sebab keinginan dan godaan untuk melakukan hal yang kurang penting selalu ada dan bahkan terkadang besar sekali. Tapi jika ingin menjadi individu yang lebih baik, kita, khususnya aku perlu belajar untuk dapat mengekang hal-hal yang hanya berupa keinginan semata. Susah, tapi harus dilatih dan diusahakan !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger