Saturday, 16 October 2010

Hitung-Hitungan Yuk !

Ditengah asyiknya menikmati guyuran air dari bak mandi yang begitu dingin, secara tiba-tiba terlintas suatu pemikiran mengenai perhitungan yang sangat sederhana ini. Awalnya saya berniat menyajikannya dalam bentuk yang lebih singkat dan kemudian mempostingnya sebagai status di akun Facebook saya, tetapi karena saya ingat komitmen pribadi yang saya buat dan harus saya patuhi (termasuk yang lumayan sering juga saya langgar) bahwa saya tidak akan online Facebook hari ini, maka terlintas ide lain untuk mempostingnya dalam bentuk artikel ringkas di blog saya. Selamat berhitung !
Sebelum saya mulai perhitungan saya, saya ingin bertanya terlebih dahulu mengenai satu hal. Adakah yang tahu berapa jumlah penduduk Indonesia saat ini (saat artikel ini ditulis, 16 Oktober 2010) ? Baiklah daripada bingung, pusing, atau sibuk mencari-cari di koran maupun lewat pencarian internet, saya sebutkan saja jumlahnya. Berdasarkan data sensus penduduk yang dilakukan oleh pemerintah pada tahun 2010 ini, diketahui jumlah penduduk Indonesia sebanyak 237,6 juta jiwa (237.600.000 jiwa). Nah, sekarang saya akan memulai perhitungan saya.
Bila jumlah penduduk Indonesia adalah seperti yang sebutkan diatas, berarti satu orang penduduk Indonesia merupakan: (1 : 237.600.000) x 100% = 0,0000004208754209 % ≈ 0,00000042 % dari total jumlah penduduk Indonesia yang ada sekarang ini. Persentasenya memang sangat kecil, tetapi tanpa persentase yang sangat kecil tersebut tidak akan ada penduduk Indonesia yang sebanyak 237,6 juta jiwa tersebut. Bukankah yang besar selalu dibentuk atau disusun dari yang kecil-kecil ?
Pertanyaan saya berikutnya, apa jadinya jika setiap individu Indonesia yang hanya merupakan 0,00000042 % dari total penduduk Indonesia tersebut berupaya untuk memperbaiki diri atau menjadikan dirinya lebih baik ? Hal inilah yang sebenarnya merupakan pemikiran yang terlintas di benak saya di kala menikmati segarnya air di saat mandi. Saya tiba-tiba terpikir, bahwa jika saya sebagai individu Indonesia berupaya memperbaiki diri dan jika pada akhirnya saya benar-benar berhasil menjadi lebih baik, bukankah secara tidak langsung saya juga sudah membantu Indonesia menjadi lebih baik ? Ya, ketika saya berhasil menjadi lebih baik, maka Indonesia juga sudah menjadi 0,00000042 % lebih baik dibanding sebelumnya. Dari pemikiran yang tiba-tiba terlintas itu pula, saya jadi teringat kembali ucapan yang sebelumnya sering saya dengar atau baca, ‘untuk meraih hal-hal besar, harus selalu diawali dengan melakukan hal-hal kecil dengan sangat baik’.
Jadi jika kita sering kali mendengar di radio, menonton di televisi, membaca di koran atau media cetak lainnya, dan bahkan melihat secara langsung orang-orang yang berteriak-teriak atau menuntut agar pemerintah maupun wakil rakyat berupaya untuk melakukan sesuatu tindakan yang lebih nyata agar Indonesia menjadi lebih baik, seharusnya ada satu hal yang harus kita pertanyakan pada orang-orang yang berteriak-teriak atau menuntut tersebut. Kita perlu bertanya, sudahkah mereka sendiri berupaya menjadikan dirinya sendiri lebih baik ? Jika kita mengacu pada perhitungan sederhana yang saya lakukan diatas, maka kita pasti tahu bahwa jika kita ingin Indonesia menjadi lebih baik, maka kita harus berupaya untuk menjadikan diri kita sendiri lebih baik. Tidak hanya sekedar berteriak-teriak atau menuntut, tetapi membuat langkah nyata untuk menjadikan yang sangat kecil dari Indonesia, yaitu diri kita sendiri menjadi lebih baik.
Demikian tulisan singkat ini yang berawal dari suatu pemikiran yang tiba-tiba terlintas di pikiran seseorang yang sejak menikmatinya segarnya guyuran air di saat mandi. Tulisan dari seseorang yang sedang berupaya untuk menjadi lebih baik dalam segala aspek kehidupannya. Tulisan ini sebenarnya adalah sebentuk teguran untuk diri saya sendiri, yang kemudian saya putuskan untuk posting ke blog dengan satu tujuan, siapa tahu juga dapat menginspirasi orang lain untuk menjadi lebih baik. Jadi lebih baik itu mudah, selalu saja ada halangannya, saya sendiri juga merasakan itu. Tapi kita tetap harus terus berupaya untuk jadi lebih baik. Toh jika kita jadi lebih baik, pihak yang paling diuntungkan tetaplah diri kita sendiri. Semoga saya menjadi lebih baik !

Tickerbar