Sunday, 29 January 2017

Makanan-Makanan Wah Yang Biasa Tersaji Saat Perayaan Imlek

Hari Raya Imlek akan segera tiba, hanya dalam beberapa hari ke depan, para warga Tionghoa di Indonesia akan merayakan Tahun Baru China. Biasanya pada momen istimewa seperti ini, para warga Tionghoa kerap menyajikan aneka makanan yang jarang atau bahkan mungkin tak pernah mereka sajikan pada hari-hari biasa. Salah satu alasannya adalah karena makanan tersebut tergolong wah untuk dijadikan santapan setiap hari. Apa sajakah makanan-makanan wah yang biasa tersaji saat perayaan Imlek ? Berikut ini lima daftar makanan-makanan wah yang biasa tersaji saat perayaan Imlek.

1. Abalon
Abalon merupakan makanan yang berupa kerang laut yang setiap potong atau ekornya berukuran kurang lebih sebesar telinga manusia. Bentuk cangkangnya pun umumnya menyerupai telinga manusia. Di Indonesia dan negara-negara Barat, abalon dikenal dengan satu sebutan saja yaitu abalone. Sementara di China, abalon dikenal dengan berbagai macam sebutan atau nama sesuai dengan kualitasnya.

Menurut info, harga abalon dengan kualitas baik dan ukuran besar bisa mencapai 15-20 Juta Rupiah. "Abalon yang paling mahal itu yang dikeringkan selama tiga tahun. Harganya mahal karena untuk utuh dan besar abalon butuh waktu hidup sampai 50 tahun.", tutur chef ternama Indonesia William Wongso.

2. Sirip Ikan Hiu
Makanan ini dikenal atau dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Sirip ikan hiu, seperti halnya abalon, juga memiliki penyebutan yang berbeda-beda tergantung pada kualitasnya. Harga termahal untuk jenis makanan ini adalah sirip ikan hiu utuh yang dapat mencapai harga 20-30 Juta Rupiah. Namun saat ini konsumsi sirip ikan hiu mulai dibatasi untuk mencegah kepunahan hiu.
Sup Sirip Ikan Hiu
Sup Sirip Ikan Hiu
(sumber: www.google.com)

3. Sarang Burung Walet
Seperti halnya dua makanan wah yang biasa tersaji saat perayaan Imlek di atas, Sarang Burung Walet juga memiliki tingkatan harga. Harga termahal adalah Sarang Burung Walet yang berbentuk utuh serupa mangkok yang bisa mencapai 6 Juta Rupiah per kilogram.

Sarang Burung Walet
Sarang Burung Walet
(sumber: www.google.com)
4. Teripang
Teripang atau sering juga disebut hoisom merupakan makanan yang harganya melambung tinggi setiap menjelang Imlek. Teripang kering dengan ukuran besar dan kualitas baik harganya dapat mencapai 5 Juta Rupiah per kilogram.

5. Kue Lapis
Kue Lapis terkenal sebagai kue dengan harga di atas rata-rata. Harganya mahal karena menggunakan bahan-bahan berkualitas baik seperti telur, susu, dan mentega. Kisaran harga kue lapis dengan kualitas baik dapat mencapai 1 Juta Rupiah per loyang. Tak jarang pula ada kue lapis yang memiliki harga lebih mahal dari itu.
Kue Lapis
(sumber: www.google.com)


Itulah makanan-makanan wah yang biasa tersaji saat perayaan Imlek. Makanan-makanan yang umumnya memang hanya disajikan atau disantap saat Imlek. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tickerbar

KumpulBlogger