Sunday, 26 April 2015

Profil dan Beberapa Fakta Jose 'The Happy One' Mourinho

Profil dan Beberapa Fakta Jose 'The Happy One' Mourinho
Profil dan Beberapa Fakta Jose 'The Happy One' Mourinho (sumber: ChelseaTV)
Setelah pada posting sebelumnya saya membahas mengenai Profil Dan Beberapa Fakta Arsene 'The Professor' Wenger. Maka kali ini giliran saya membahas mengenai Profil dan Beberapa Fakta Jose 'The Happy One' Mourinho yang merupakan salah satu musuh bebuyutannya. Selamat menyimak.

Siapa yang tak kenal dengan pelatih bola yang berprestasi dan 'nyentrik' ini ? Saya yakin banyak dari kita semua telah mengenalnya. Namun tak ada salahnya kita sedikit berupaya mengenal lebih dalam lagi mengenai pelatih dan sekaligus manajer yang kali ini bertugas untuk kedua kalinya di Chelsea.

Jose Mourinho yang bernama lengkap Jose Mario dos Santos Mourinho Felix lahir di Setubal, Portugal, pada tanggal 26 Januari 1963. Mourinho merupakan putra dari Felix Mourinho yang merupakan kiper timnas Portugal dan juga pelatih sepak bola. Mourinho lahir di tengah keluarga yang begitu erat berhubungan dengan sepak bola. Setiap akhir pekan dia selalu menghadiri setiap pertandingan yang dimainkan oleh ayahnya. Pada usia remaja, Mourinho juga mengikutinya ayahnya pada setiap pertandingan yang dimainkan oleh tim yang dilatih oleh ayahnya. Mourinho juga turut mengamati jalannya pertandingan yang ada dan ditugasi untuk turut membantu mencatat statistik pertandingan. Konon hal itu pula yang turut andil dalam menjadikannya pelatih yang amat jeli dalam mengamati setiap pertandingan.

Adapun awal mula karir profesional Mourinho di bidang sepak bola bermula sebagai seorang pemain di salah satu klub di divisi dua liga Portugal. Namun karier Mourinho sebagai pemain dipandang tak terlalu cemerlang. Mourinho kemudian memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebagai pemain profesional dan lebih memilih berfokus untuk mengambil jalur pendidikan olahraga. Mourinho mengambil jurusan ilmu olahraga (sports science) di Universitas Teknik Lisbon dimana dia berhasil meraih gelar sarjana ilmu olahraga dengan tesisnya mengenai metodologi persepakbolaan. Konon pula, katanya Mourinho pernah dikirim oleh ibunya untuk belajar ilmu bisnis, namun di hari pertama perkuliahan Mourinho memutuskan untuk mengundurkan diri dengan alasan ingin berfokus di bidang olahraga.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, beragam profesi pernah dijalani oleh Mourinho diantaranya mengajar, menjadi pelatih tim junior, menjadi penerjemah Sir Bobby Robson di Sporting Lisbon, menjadi asisten dan sekaligus penerjemah Sir Bobby Robson di Porto dan Barcelona, hingga menjadi asisten Louis Van Gaal di Barcelona. Karir kepelatihan resmi pelatih bertinggi 1,75m ini dimulai di Benfica pada tahun 2000-2001. Kemudian dilanjutkan melatih U.D. Leiria pada tahun 2001-2002 sebelum akhirnya berlabuh di Porto pada tahun 2002-2004. Selama di Porto lah nama Mourinho mulai dikenal dan melambung tinggi berkat sentuhan dinginnya yang mampu membawa Porto meraih berbagai prestasi. Prestasi-prestasi yang diraihnya antara lain Liga Portugal (2002-2003, 2003-2004), Super Cup Candido de Oliveira (2003), Piala Portugal (2002-2003), UEFA Cup (2002-2003), dan UEFA Champions League (2003-2004).

Berkat limpahan prestasi selama melatih Porto itu lah, Chelsea yang sedang berbenah dan berambisi menjadi klub terbaik Eropa dan dunia akhirnya merekrutnya sebagai pelatih dan manajer. Saat pertama kali tiba di Chelsea 2004, dia langsung menjuluki dirinya sebagai The Special One (Sang Spesial). Julukan yang begitu fenomenal serta terkesan 'sombong' dan ditambah lagi dengan penampilannya yang bak bintang film, hal ini menjadikannya kerap menjadi sasaran gosip dan kerap tampil di halaman utama berita.

Mourinho dikenal sebagai pelatih dengan kepribadian yang kuat dan mampu menanamkan mental juara di setiap tim yang dipimpinnya. Walaupun strategi yang diterapkannya tak selalu disukai oleh publik, tapi terbukti bahwa strateginya kerap terbukti berhasil mencapai hasil yang diinginkan dan menjadikannya pula sebagai bukti atau jaminan prestasi. Mourinho sering pula disebut sebagai "pelatih spesialis piala" karena keberhasilannya menjuarai empat trofi domestik di empat liga berbeda. Beberapa klub yang pernah dilatihnya adalah S.L. Benfica, U.D. Leiria, FC Porto, Chelsea FC, Inter Milan, dan Real Madrid. Kini ia kembali melatih di Chelsea yang menurutnya merupakan klub yang paling dicintainya.

Berikut beberapa fakta menarik lain mengenai Mourinho:
1. Ayah Jose Mourinho, Felix Mourinho merupakan penjaga gawang yang sangat populer di Portugal, namun bakat ayahnya itu tak serta merta menurun pada Mourinho.
2. Mourinho dulu sebenarnya adalah pelatih fitness di Porto dan juga sempat menjadi penerjemah Sir Bobby Robson di Sporting Lisbon, Porto, dan Barcelona.
3. Tami merupakan istri Jose Mourinho yang dinikahinya pada 1989. Tami (Matilde) merupakan pacar Mourinho sejak masih masa kanak-kanak.
4. Dari hasil pernikahannya, Mourinho dikaruniai dua orang anak: Matilde dan Jose Jr.
5. Seperti halnya David Beckham dan Cristiano Ronaldo, Mourinho juga merupakan pribadi yang kerap menjadi bintang iklan sejumlah produk dan sebuah buku mengenai dirinya telah diterbitkan serta menjadi best seller di Portugal. Beberapa iklan yang pernah dibintanginya antara lain iklan untuk Samsung dan American Express.
6. Mourinho dikenal sebagai pribadi yang punya temperamen tinggi, namun di sisi lain dia juga dikenal sebagai pribadi yang hangat serta memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Itulah Profil dan Beberapa Fakta Jose 'The Happy One' Mourinho yang disebut-sebut sebagai pelatih terbaik dunia berkat tumpukan prestasi yang dimilikinya. Pelatih yang di masa kerjanya yang kedua di Chelsea menjuluki dirinya sendiri sebagai "The Happy One". Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

sumber: berbagai sumber.

Tickerbar