Monday, 31 March 2014

Bertumbuh Dengan Strategi

Segala makhluk hidup yang ada di seluruh alam semesta ini pasti selalu mengalami pertumbuhan dalam setiap fase kehidupannya. Hampir sama dengan makhluk hidup, bisnis pun dapat bertumbuh menjadi lebih baik, lebih besar, lebih hebat. Namun agar suatu bisnis dapat bertumbuh seperti yang saya sebutkan, tentu saja tidak serta-merta terjadi begitu saja, tetapi diperlukan strategi atau cara yang harus digunakan, diikuti dengan tertib, dan dijalankan dengan baik.
Pelajaran tentang strategi inilah yang menjadi topik utama pembelajaran pada minggu kedua dari UCEO. Strategi mutlak diperlukan dalam bidang bisnis agar suatu bisnis dapat bertumbuh, terus bertumbuh, dan semakin bertumbuh. Dari bisnis yang awal mulanya kecil, menjadi semakin lama semakin besar. Dari omset penjualan yang awalnya kecil, semakin laam bertumbuh menjadi semakin besar, dari jutaan lama-kelamaan menjadi milyaran dan seterusnya. Saya sendiri sebagai pengusaha yang bergerak di bidang layanan teknologi informasi dan software juga telah menyadari hal ini sejak beberapa waktu lalu. Saya sadar bahwa agar bisnis yang saya jalankan dapat bertumbuh, maka saya membutuhkan strategi yang tepat, efisien, dan efektif untuk mendongkrak kinerja bisnis saya.
Agar suatu bisnis dapat terus bertumbuh semakin lama semakin besar, dibutuhkan sejumlah strategi, ada strategi di bidang penjualan dan pemasaran, strategi di bidang layanan pelanggan, strategi di bidang keuangan dan permodalan, serta yang dapat dikatakan paling penting adalah strategi di bidang sumber daya manusia. Sebab sumber daya manusia adalah elemen paling penting dari setiap bisnis. Jika sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu bisnis sudah merupakan sumber daya manusia yang terbaik dan unggul, maka secara hampir dapat dipastikan secara otomatis kinerja suatu bisnis juga akan terdongkrak. Jika sumber daya manusia yang dimiliki benar-benar berkualitas, maka secara tidak langsung strategi-strategi yang lain seperti penjualan, keuangan, dan sebagainya juga akan secara otomatis dapat tertopang.
Namun memilih strategi bisnis yang tepat juga bukan merupakan perkara yang gampang, dibutuhkan pengetahuan, pengalaman, dan tentu saja bimbingan dari orang-orang yang lebih berpengalaman. Hal inilah yang saya sadari dari perjalanan saya sejauh ini sebagai seorang pengusaha. Bimbingan dari seseorang yang jauh lebih berpengalaman di bidang bisnis sangat dibutuhkan agar dapat mengarahkan, mengingatkan, serta memberikan wawasan dan berbagi keahlian yang dapat kita gunakan untuk menumbuhkan bisnis yang sedang kita jalankan maupun yang akan kita bangun. Menyadari hal ini, saya kerap sekali mengikuti seminar-seminar maupun pelatihan yang sekiranya saya yakini dapat memberikan wawasan, pengetahuan, keahlian, serta inspirasi yang dapat saya gunakan sebagai sarana untuk terus mendorong serta memompa semangat saya dalam menumbuhkan bisnis yang saya jalankan.

Pada intinya, suatu bisnis dapat terus bertumbuh semakin lama semakin besar jika setiap pengusaha memiliki serta menjalankan bisnisnya dengan menggunakan strategi yang tepat. Untuk menemukan strategi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan bisnis tidak selalu mudah, oleh karena itu pembelajaran perlu dilakukan secara konsisten dan terus-menerus. Selain itu, bimbingan dari para mentor bisnis yang telah berpengalaman langsung dalam membuat, menumbuhkan, serta mengembangkan bisnisnya mutlak diperlukan. Pengalaman dari para pengusaha yang diperoleh secara langsung dari praktek, bukan sekedar dari teori semata.

Tickerbar