Wednesday, 9 February 2011

Generasi Muda, Perlu Membuktikan Diri

Orang-orang yang masih muda tentu pernah dan kemungkinan sering merasakan hal ini, yaitu seringkali diremehkan oleh generasi yang lebih tua. Orang-orang muda seringkali dianggap masih terlalu ‘hijau’, kurang kredibel, kurang mampu, kurang pengalaman, tidak bisa disiplin, tidak konsisten, tidak dewasa, sulit diatur, dan banyak kekurangan lainnya. Ya, seringkali orang muda memang dianggap remeh. Tapi disitulah terletak tantangannya, tantangan bagi seorang anak muda untuk membuktikan bahwa generasi muda juga mampu untuk menangani perkara-perkara atau pekerjaan-pekerjaan yang biasanya hanya mampu ditangani oleh orang-orang dewasa.
Generasi muda harus membuktikan diri bahwa dirinya juga layak untuk memperoleh kepercayaan dalam menangani perkara-perkara besar. Generasi muda harus membuktikan diri bahwa meskipun mereka masih muda dalam usia, namun bukan berarti mereka juga ‘muda’ dalam pemikiran dan tanggung jawab. Generasi muda juga dapat memiliki pemikiran-pemikiran dan tanggung jawab sekelas dan bahkan melebihi kelas orang dewasa.
Generasi muda kadang terkesan ‘urakan’ dan sulit diatur, tapi bukan berarti generasi muda benar-benar seperti itu. Generasi muda memang terkesan ‘urakan’ karena adanya semangat khas anak muda yang meluap-luap di dalam dirinya. Generasi muda memiliki suatu keistimewaan yaitu kemudaannya tersebut. Generasi muda istimewa dalam semangatnya yang meledak-ledak dan keberaniannya untuk mencoba tantangan-tantangan baru yang biasanya tidak atau jarang berani dicoba oleh orang-orang yang lebih tua.
Generasi muda juga bisa sangat disiplin. Generasi muda juga bisa memiliki kemampuan yang setara dan bahkan tidak jarang melebihi apa yang generasi-generasi yang lebih tua. Generasi muda memang mungkin memiliki pengalaman yang lebih sedikit dibandingkan generasi yang lebih tua, namun mereka bisa belajar dari apa yang mereka alami setiap hari dan menimbun pengalaman serta menjadi lebih bijak. Generasi muda bisa belajar untuk memiliki kemampuan yang diperlukan untuk menangani pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar. Generasi muda juga bisa tertib dan yang terpenting generasi muda bisa lebih hebat dari hari ke hari.
Tapi untuk mencapai semua hal tersebut, generasi muda harus berjuang dengan perjuangan yang sangat gigih. Generasi muda perlu berjuang untuk membuktikan diri bahwa mereka juga bisa jadi hebat. Generasi muda harus membuktikan pertama kali, terutama kepada dirinya sendiri bahwa dia juga bisa hebat dan pasti jadi hebat. Generasi juga bisa hebat dan meraih apapun yang benar-benar mereka inginkan. Generasi harus percaya kepada dirinya bahwa adalah generasi-generasi muda yang hebat ! Generasi muda harus hebat dan pasti bisa menjadi hebat ! Saatnya generasi-generasi muda (termasuk saya) membuktikan diri bahwa kita juga bisa hebat ! Ya, kita bisa hebat dan lebih hebat !

Tickerbar