Tuesday 15 June 2010

KETAHUI IMPIAN KITA SEDINI MUNGKIN

Hari ini aku membaca sebuah majalah terbitan tahun 2008, meskipun majalah tersebut sudah terbit sejak dua tahun lalu namun informasi yang diberikan dalam salah satu artikel yang ada tetap relevan sampai sekarang. Informasi tersebut adalah tentang impian kita dalam hidup. Artikel tersebut menginspirasiku untuk menulis artikel ini.

Impian, setiap kita pasti sering atau bahkan mungkin selalu mendengar kata tersebut. Impian atau dapat disebut juga visi adalah sesuatu yang belum tampak nyata pada masa sekarang dan masih berada di angan-angan atau pikiran kita. Setiap kita bisa memiliki impian, baik besar maupun kecil, tetapi ada juga yang tidak memiliki impian namun bagaimanapun juga impian tetap penting untuk kita semua miliki.

Impian dapat menjadi pemandu kita dalam melangkah mengarungi kehidupan kita, sebab tanpa kita seolah-olah melangkah tanpa arah yang jelas dalam hidup. Tanpa impian, bisa saja kita diombang-ambingkan oleh keadaan disekitar kita, sebab kita tidak tahu arah mana yang mau kita tuju. Aku bisa mengatakan seperti ini sebab aku telah merasakan sendiri betapa impian telah cukup membantuku untuk melaju dalam laju kehidupan ini. Tanpa impian, tidak mungkin aku dapat menjadi pemimpin salah satu organisasi di kampusku.

Aku meraih dapat posisi yang aku inginkan tersebut karena dua hal, yang pertama hal tersebut adalah anugerah Tuhan dan yang kedua karena aku memimpikannya sejak dari awal. Namun kita semua juga perlu tahu bahwa memiliki impian saja tidaklah cukup, kita harus membuat deadline kapan kita harus mewujudkan nyatakan impian tersebut. Pelajaran mengenai pemberian deadline terhadap perwujudan impian ini aku pelajari dari salah seorang motivator terkenal di Indonesia. Aku menyadari betapa pelajaran yang motivator tersebut ajarkan benar adanya, sebab tanpa deadline kita seolah-olah hanya mengetahui setengah arah kehidupan kita. Kita belum tahu setengahnya lagi yaitu batas waktu pencapaian impian tersebut. Batas waktu pencapaian impian tersebut penting untuk kita tetapkan agar kita semua benar-benar punya pengetahuan yang lengkap mengenai impian kita dan kapan impian tersebut harus terwujud. Hal tersebut juga membantu untuk terus mengingatkan kita bahwa masih ada impian yang perlu diwujudkan sebelum batas waktunya habis sekaligus sebagai sarana untuk memotivasi diri sendiri dalam berupaya atau agar tidak menjadi malas yang pada akhirnya membuat kita lupa akan impian.

Sejak beberapa bulan lalu, aku kembali menyadari hal-hal diatas setelah sempat melalaikannya selama beberapa waktu yang cukup lama. Aku beruntung bahwa aku menyadari kembali hal tersebut sebab dengan begitu aku juga diingatkan bahwa masih ada impian-impian yang belum terwujud serta masih ada tanggung jawab yang harus diselesaikan, dimana hal-hal tersebut membutuhkan dedikasi, motivasi, serta upaya yang terbaik. Aku juga beruntung bahwa aku masih belum terlalu terlambat untuk menyadari kembali bahwa aku sudah berada di zona kenyamanan yang membuatku lupa akan impian-impianku yang pada akhirnya membuatku tidak naik level tapi justru turun. Aku beruntung menyadarinya meskipun agak terlambat, jadi ada baiknya kita semua belajar untuk menyadari seluruh impian kita sedini mungkin. Semoga setiap kita semua, aku serta kalian yang membaca tulisan ini, dimotivasi untuk berani bermimpi dan berani menetapkan target untuk impian kita. Kita semua juga perlu belajar untuk mengetahui dengan pasti apa yang menjadi impian kita sedini mungkin sebelum terlalu terlambat, sebab umur kita terus bertambah yang secara otomatis mengurangi waktu yang dapat kita gunakan untuk meraih impian. Semoga berguna.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger