Thursday 4 February 2010

STAMINAKU AGAK BURUK

Lagi-lagi tulisan yang sudah dibuat beberapa waktu yang lalu, namun baru sempat diupload sekarang. Ya memang agak terlambat sih, tapi tidak apa-apa juga yang penting tetap menulis dan berkreasi sesuai dengan kemampuan terbaik yang kita punya. Betul bukan ? Selamat membaca.

Setelah agak lama tidak berlatih secara fisik, akhir-akhir ini staminaku agak menurun. Aku baru tahu bahwa ternyata penyebab badanku sering tidak enak semua atau dalam arti kelelahan adalah karena aku sudah jarang berlatih secara fisik. Ternyata selama ini aku lebih banyak mengasah kemampuan otakku dan melupakan untuk mengasah kemampuan fisikku atau berolahraga. Kurang aktivitas olahraga yang aku jalani berakibat ke menurunnya staminaku yang prima. Ternyata selama ini karena terlalu asyik untuk mengasah kemampuan otak, aku lupa untuk berolahraga dengan teratur, sehingga begitu berolahraga sebentar sudah agak capek.

Rasanya mulai sekarang aku harus membiasakan diri kembali untuk lebih banyak berlatih secara fisik alias berolahraga. Aku harus memaksa kembali diriku untuk hidup berdisiplin dalam berolahraga lagi. Ternyata olahraga sama pentingnya olah otak. Jika olah otak atau olah pikiran akan mengembangkan kemampuan otak kita, sebaliknya olahraga atau olah fisik akan mengembangkan kemampuan fisik kita. Ternyata kemampuan otak saja tidaklah cukup, kemampuan otak kita harus didukung pula oleh kemampuan fisik kita. Fisik tanpa otak tidak akan ada yang memandunya, sehingga akibatnya akan lebih banyak mengandalkan kekuatan otot semata dan pada akhirnya akan memunculkan orang-orang yang suka main pukul sembarangan atau justru menggunakan kekuatan fisiknya untuk menakut-nakuti atau mengancam orang lain. Sebaliknya otak saja tanpa kemampuan fisik yang memadai akan membuat kita pandai berpikir atau memiliki banyak ide, namun tidak memiliki cukup kemampuan secara fisik atau tenaga untuk menindaklanjuti semua ide atau pikiran kita.

Atas kesadaran inilah, saatnya bagi kita, khususnya saya, menyeimbangkan kembali aktivitas olahraga dan olah otak kita, sehingga kita akan manusia yang komplit dalam kemampuan otak dan kemampuan fisik. Saatnya mulai bergerak lagi secara fisik, tidak hanya bergerak secara otak. Mari bergiat berolahraga kembali !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger