Tuesday 9 February 2010

KETIKA PASSION YANG MENJADI PERSOALAN

Selama sekitar 1 minggu terakhir, aku menyadari satu hal yang sangat berharga, yaitu PASSION atau dalam Bahasa Indonesia berarti gairah. Aku temukan kesadaran yang berharga ini ketika berpikir masalah pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang. Awalnya aku sempat heran, kenapa ada orang-orang yang dengan hebat bisa berprestasi dalam suatu bidang tertentu sementara yang lain hanya biasa-biasa saja. Kini, aku menjadi sadar akan satu hal yang bisa menjadi latar belakangnya, yaitu gairah atau passion.

Benar, passion atau gairah atau bisa dibilang juga kecintaan terhadap apa yang kita kerjakan bisa mempengaruhi seberapa maksimal kita dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Semakin kita mencintai apa yang kita kerjakan, akan semakin maksimal pula kita memberikan semua yang ada dalam diri kita untuk hasil yang terbaik pada pekerjaan tersebut. Sudah sangat banyak contoh atas pentingnya passion atau kecintaan dalam mengerjakan sesuatu. Bill Gates bisa menjadi kaya raya seperti sekarang bermula dari kecintaannya yang sangat besar pada bidang komputer, khususnya pemrograman. Steve Jobs bisa bangkit kembali setelah dipecat dari perusahaan yang dia dirikan dan mendirikan perusahaan yang lain lagi adalah karena kecintaannya yang sangat besar pada bidang teknologi.

Larry Page dan Sergey Brin bisa membangun Google yang awalnya hanyalah sebuah proyek penelitian S3 mereka menjadi sebuah perusahaan nomor satu dalam dunia internet juga karena kecintaan mereka yang sangat besar pada bidang komputer dan penelitian. Mereka berdua bahkan rela bekerja keras sampai kehabisan tenaga, hanya demi melihat buah karya penelitian mereka menjadi sebuah program yang nyata dan berdaya guna. Sungguh gairah yang besar dalam diri merekalah yang membuat mereka mampu bertahan seperti itu.

Saya yakin juga gairah yang sama terhadap suatu bidang yang dicintai yang dapat membuat orang-orang menjadi sangat sukses pada suatu bidang tertentu, sementara yang lain hanya menjadi biasa-biasa saja. Saya menjadi semakin yakin bahwa mereka yang biasa-biasa saja tersebut hanyalah orang yang kurang memiliki gairah atau kecintaan pada apa yang mereka kerjakan, saya yakin mereka semua punya kemampuan yang hebat dalam dirinya masing-masing, hanya saja mereka mungkin tidak memiliki passion di bidang itu sehingga mereka tidak maksimal. Andai saja mereka mau mencoba mencintai bidang tersebut atau mereka ditempatkan pada bidang yang menjadi passion terbesar mereka saya yakin mereka akan lebih maksimal dan sangat jauh lebih mudah untuk meraih sukses yang terbesar. Sekian !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger