Friday, 24 June 2016

Sering Menerima Ajakan Bukber ? Waspadai Hal Yang Satu Ini

Buka Puasa Bersama (Bukber)
Buka Puasa Bersama (Bukber) [sumber: www.google.com]
Bulan Ramadhan memang merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Pada bulan yang suci ini, sukacita kerap dan senantiasa ada dalam diri setiap umat Muslim dimanapun berada, tidak terkecuali di Indonesia. Pada bulan ini pula, momen-momen kebersamaan kerap terjalin kembali setelah pada bulan-bulan lain masing-masing individu disibukkan dengan beragam aktivitasnya sendiri. Salah satu momen kebersamaan yang kerap dimanfaatkan oleh setiap orang untuk saling berkumpul bersama keluarga besar, keluarga kecil, teman-teman lama masa TK, SD, SMP, SMU, kuliah, maupun rekan-rekan bisnis, komunitas, dan kantor. Ya momen buka puasa bersama memang merupakan saat yang tepat untuk dapat menjalin kembali kebersamaan atau silaturahmi yang sempat terputus atau renggang.

Ajakan demi ajakan dari orang-orang yang kita kenal kerap datang dan umumnya kita sungkan untuk menolak setiap ajakan buka puasa bersama yang diadakan dengan beragam alasan. Namun apabila kita tidak waspada momen yang seharusnya menjadi sarana kebersamaan dan menjalin keindahan atau nostalgia masa lalu yang indah dapat menjadi suatu bumerang terhadap diri kita. Mengapa demikian ? Momen atau acara buka puasa bersama terkadang atau bahkan sering kali diadakan di rumah makan, kafe, atau bahkan restoran. Nah, apabila kita terlalu sering menghadiri acara buka puasa bersama di tempat-tempat seperti itu, maka siap-siap saja anggaran bulanan kita bisa jebol, yang pada akhirnya memaksa kita untuk membobol tabungan. Padahal seharusnya momen bulan puasa adalah momen yang tepat untuk dapat melakukan penghematan, sebab siang harinya masing-maisng dari kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk makan maupun jajan. Akan tetapi, penghematan yang mampu kita lakukan di siang hari ini ternyata tak selalu berjalan mulus, sering kali kita justru menghamburkan uang pada sore atau malam harinya untuk momen berbuka puasa bersama dengan orang-orang atau kerabat kita.

Nah, agar bulan Ramadhan tetap dapat menjadi bulan dimana anggaran pengeluaran kita tetap dapat terkontrol, mungkin tips-tips di bawah ini dapat membantu. Mari kita simak bersama.

1. Lihat Jadwal
Tidak semua orang memiliki waktu atau jadwal yang sama, oleh karenanya beberapa acara atau jadwal harus disepakati bersama. Termasuk dan tentu saja jadwal untuk acara buka puasa bersama. Untuk dapat menghemat anggaran pengeluaran kita, pilihlah jadwal buka puasa bersama dimana sebanyak orang atau kerabat kita dapat hadir, sehingga kita tak perlu terlalu sering mengadakan acara buka puasa bersama. Dengan demikian kita dapat lebih menghemat anggaran.

2. Pertimbangkan Kepentingan Acara dan Prioritas
Apabila setiap orang yang hendak hadir di acara buka puasa bersama masih cukup sering bertemu sehari-harinya, maka ada baiknya acara buka puasa bersama tak perlu untuk diadakan. Toh masih sering bertemu bukan ? Daripada nanti acara buka puasa hanya diisi dengan membicarakan sesuatu hal yang sudah sering dibicarakan, foto-foto bersama, kumpul, dan makan saja, tanpa ada kesan istimewa yang tercipta.

3. Cari Informasi Siapa Saja Yang Bakal Hadir Pada Acara Bukber
Tak ada salahnya untuk mencari info terlebih dahulu mengenai siapa saja yang sekiranya bakal hadir pada acara buka bersama (bukber) yang akan diadakan. Akan lebih baik dan menyenangkan apabila mereka yang bakal hadir adalah orang-orang yang sudah lama tak pernah kita jumpai, seperti kawan lama yang jauh merantau atau bahkan orang yang dahulu pernah punya arti 'spesial' di hati kita. Jadi kita bisa sambil menyelam minum air, buka puasa bersama dan sekaligus reunian.

4. Persiapkan Budget (Dana)
Ini adalah hal terpenting yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan, dana atau uang untuk acara buka puasa bersama. Jangan sampai anggaran atau dana yang kita siapkan melebihi budget atau dana yang masih dapat kita toleransi sehingga kita tak perlu sampai 'menjebol' tabungan. Atau jika memang dana kita tidak memadai, kita juga dapat hanya membeli minum saja, sementara untuk makanan dapat dibeli dengan cara berpatungan atau yang biasa dikenal dengan istilah 'makan tengah'. Dan, yang paling menyenangkan tentu saja apabila ada yang bersedia menjadi 'sponsor' untuk acara bukber yang diadakan.

Itulah beberapa tips yang dapat dipertimbangkan sebelum memutuskan apakah akan ikut menghadiri acara buka puasa bersama atau tidak. Semoga bermanfaat.

[disadur dari pedava.com]

Tickerbar

KumpulBlogger