Saturday, 10 November 2012

Anda Tidak Harus Kuliah !

Dahulu, saya berpikir bahwa setelah lulus dari masa pendidikan menengah atas saya harus melanjutkan ke bangku kuliah. Itu pula yang sering saya dengar dari orang tua, rekan-rekan sekolah saya, dan beberapa orang lain. Namun, kini saya menyadari dan berani mengatakan bahwa Anda (kita) tidaklah harus melanjutkan pendidikan ke jenjang bangku kuliah (pendidikan tinggi). Benar, Anda tidak harus melanjutkan pendidikan ke jenjang tertinggi tersebut.
Saya mengatakan bahwa Anda tidaklah harus melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, namun bukan berarti Anda tidak perlu kuliah. Anda dapat saja melanjutkan kuliah jika Anda merasa perlu dan yakin bahwa kalian akan dapat memperoleh ilmu yang benar-benar berharga disana. Ilmu yang kalian yakini dapat membantu kalian untuk meraih masa depan yang lebih cerah atau membantu kalian untuk dapat mewujudkan atau meraih impian masa depan kalian. Kalian dapat saja memutuskan untuk kuliah jika kalian dengan pasti mengetahui bahwa pendidikan universitas akan memberi kalian semua pengetahuan dan keahlian yang pasti dapat kalian gunakan untuk tujuan masa depan kalian. Pengetahuan dan keahlian yang benar-benar dapat digunakan segera setelah kalian menyelesaikan kuliah (lebih baik lagi jika sebelum lulus pun sudah dapat digunakan), bukan sekedar teori-teori yang tidak jelas dimana dapat digunakan atau bahkan yang lebih parah lagi tidak jelas apakah benar-benar dapat dipraktikkan.
Saya berikan satu contoh mengenai argumen saya di atas. Misal, kalian bermimpi menjadi seorang artis peran profesional, maka jika kalian tahu bahwa untuk meraihnya kalian membutuhkan pendidikan universitas, maka pergilah kuliah. Jika tidak, janganlah kuliah, lebih baik mengikuti kursus atau pelatihan yang diadakan oleh artis peran berpengalaman atau belajar langsung dari mereka dengan menjadi rekan mereka dalam suatu film. Meskipun tentu saja untuk dapat menjadi rekan mereka, kalian harus berupaya keras agar dapat diterima melalui audisi agar dapat menjadi seorang pemeran dalam suatu film yang dibintangi mereka, tanpa terlalu apapun peran yang kalian dapat (termasuk figuran sekalipun).

Jadi, yang menjadi dasar pendapat saya ketika menyatakan (menyarankan) bahwa Anda tidak harus kuliah sebenarnya adalah ketika kalian tahu dengan pasti bahwa ilmu pengetahuan atau keterampilan yang kalian perlukan tidak dapat kalian peroleh di bangku kuliah, maka janganlah kuliah. Sebab jika kalian memaksakan untuk tetap kuliah, hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu, tenaga, kesempatan untuk sukses dengan langsung praktek, maupun uang orang tua kalian (atau kalian) sendiri. Kuliahlah jika kalian tahu dengan pasti bahwa kuliah akan memberikan kalian bekal ilmu dan keterampilan yang benar-benar dapat kalian praktikkan atau butuhkan di masa depan, selain itu jangan.
Tulisan ini dibuat hanya atas dasar perenungan dari pengalaman pribadi saya dan bukanlah atas dasar hasil riset atau sejenisnya, jadi dasar dari tulisan ini hanyalah pengalaman semata. Kalian tidak wajib untuk mengikuti anjuran yang saya ungkapkan di tulisan ini jika kalian merasa tidak setuju dengan anjuran yang ada. Kalian berhak membuat untuk memiliki pendapat kalian masing-masing, tanpa terpengaruh oleh pendapat saya maupun pendapat orang-orang lain di sekitar kalian. Kalian harus berani memiliki pendapat kalian sendiri, walaupun pendapat kalian tersebut nantinya berbeda dengan pendapat semua orang di sekeliling kalian. Akhir kata, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membuat keputusan kalian sendiri ! Anda tidak harus kuliah, tapi Anda tetap harus menjadi sehebat atau bahkan jika perlu lebih hebat dari semua yang pernah kuliah ! Belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja selama nafas masih ada di kandung badan dan selama masih ada niat untuk terus menjadi lebih baik.

Tickerbar