Wednesday, 5 September 2012

Pengarahan Diri

Bagi Anda yang sering mengunjungi blog ini, mungkin telah mengetahui bahwa ragam tulisan di blog ini banyak sekali. Mulai dari teknologi informasi, kepemimpinan, motivasi, ilmu pengetahuan, renungan hidup, sepak bola, iseng, aktualisasi diri, dan sebagainya. Saya juga memiliki sebuah blog lagi di wordpress yang khusus saya tujukan untuk artikel bidang teknologi informasi, namun karena sejumlah kesibukan, maka untuk sementara tidak terurus dengan baik.
Akhir-akhir ini, saya sedang terpikir untuk lebih memfokuskan tulisan artikel di blog ini pada sejumlah pokok bahasan utama saja, agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi para pengunjung atau pembaca setia blog ini serta agar blog ini juga lebih memiliki fokus dan bobot yang tinggi. Saya belum memiliki gambaran yang pasti tentang topik utama apa saja yang akan saya jadikan sebagai pengisi blog ini, sejauh ini yang terpikir adalah topik mengenai teknologi informasi, pemrograman komputer, kepemimpinan, motivasi, dan renungan atas kejadian yang ada dalam hidup. Namun topik-topik tersebut masih belum final, saya masih akan memikirkannya lebih lagi sebelum mengambil keputusan akhir.
Satu hal yang pasti perubahan ini juga saya tujukan sebagai upaya untuk mengarahkan diri sendiri agar lebih fokus pada sejumlah bidang saja, bukan pada banyak atau bahkan semua bidang. Melalui pengarahan diri ini, saya harapkan dapat membuat diri saya sendiri lebih memiliki spesialisasi keahlian yang menonjol serta dapat memberikan manfaat maksimal bagi sebanyak mungkin orang melalui keahlian utama saya. Sebab hanya dengan fokus pada bidang-bidang utama saja, kita semua dapat menjadi benar-benar ahli pada bidang-bidang yang kita pilih. Kita semua harus memilih bidang apa yang ingin kita fokuskan sebagai keahlian utama kita, sebab kita akan cukup sulit untuk menjadi ahli di semua bidang.

Pilihlah bidang-bidang yang paling kita cintai, merasa enjoy ketika menjalankannya, dan tentu saja yang tidak kalah penting adalah bidang-bidang tersebut dapat memberikan manfaat dalam hal apapun untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Dengarkan suara hati kita sebagai panduan dalam memilih bidang-bidang yang tepat, sebab hampir dapat dipastikan suara hati kita adalah suara yang paling jujur, suara yang tidak memiliki kepentingan atau tendensi apapun, selain mencoba membantu mengarahkan diri kita agar menjadi individu yang terbaik sesuai dengan apa yang sudah ada di dalam diri kita. Dengarkan saran orang lain, namun keputusan tetaplah ada di tangan kita.
Kesimpulan dari tulisan kali ini adalah upaya yang sedang saya coba lakukan untuk mengarahkan diri saya sendiri untuk lebih memfokuskan diri pada bidang-bidang keahlian utama yang hendak saya tekuni lebih lagi. Bidang-bidang tersebut rencananya juga akan menjadi fokus dari tulisan yang akan terpampang pada halaman demi halaman blog ini. Fokus pada sejumlah bidang saja lah yang akan menjadikan setiap diri kita individu yang lebih baik, lebih mantap, lebih ahli, dan kemungkinan juga lebih unggul. Sebagai penutup, semoga rencana perubahan untuk blog ini dapat segera terealisasi, agar dapat segera memberikan manfaat lebih maksimal bagi setiap orang yang mengunjungi blog ini. Sekian.

Tickerbar