Thursday 26 May 2011

Inspirasi dari Memasang Galon pada Tempatnya

Siang ini saya semakin meyakini bahwa inspirasi ada dimana-mana dan bisa diperoleh kapan saja, asalkan kita mau jeli dan membuka pikiran lebar-lebar. Inspirasi siang ini saya peroleh dari pengalaman beberapa kali memasang galon air ke tempatnya, yaitu sebuah tempat semacam gentong tapi dalam bentuk yang lebih kecil dan lebih modern (saya yakin banyak dari kita semua yang mengetahui benda tersebut). Saya jarang memasangkan galon pada wadah tersebut, sebab sudah ada orang lain yang bertugas membantu saya untuk melakukannya sehingga saya dapat melakukan aktivitas lain yang lebih penting. Namun terkadang saat tidak ada orang yang dapat membantu, maka saya harus memasangkannya sendiri.
Siang ini, ada orang yang memasangkan galon pada wadahnya penampungnya, sehingga saya tidak perlu memasangnya sendiri. Namun disela-sela menunggu galon air dipasang pada tempatnya, ada sedikit perbincangan mengenai cara memasangkan galon air tersebut dengan benar tanpa mengakibatkan air yang di dalamnya tumpah. Mendengar pembicaraan tersebut, secara tiba-tiba pengalaman saya memasang galon yang sebelumnya pernah saya lakukan memunculkan kembali kesadaran lama yang sebelumnya saya abaikan. Sebelumnya saya telah menyadari, bahwa ketika saya mencoba memasang galon air pada tempatnya dan saya memiliki perasaan ragu apakah saya dapat memasangnya dengan baik tanpa mengakibatkan airnya tumpah atau tidak, justru yang terjadi adalah posisi galon tidak terpasang dengan tepat dan bahkan pernah mengakibatkan airnya tumpah.
Dari pengalaman tersebut, saya meyakini dan menyadari bahwa ketika kita mencoba melakukan sesuatu dan kita ragu-ragu apakah kita dapat melakukannya dengan benar atau tidak, justru yang terjadi adalah kita tidak maksimal dalam melakukan apa yang kita kerjakan atau lakukan tersebut. Keraguan yang ada dalam pikiran kita menjadikan kita yang sebetulnya mampu melakukan dengan baik, justru membuat kita tidak dapat melakukannya dengan baik. Keraguan telah menyusutkan, tidak hanya keyakinan kita tetapi juga kemampuan kita dalam melakukan sesuatu.
Percuma saja kita memiliki kemampuan yang luar biasa, jika kita meragukan sendiri kemampuan yang telah kita miliki untuk melakukan atau mengerjakan sesuatu. Semua kemampuan hebat yang kita miliki tidak akan menghasilkan apa-apa jika kita sertai dengan keraguan. Kita harus yakin bahwa kita mampu, sebab kita memang benar-benar mampu. Kita harus berupaya untuk menepis dan membuang jauh-jauh setiap keraguan yang muncul dalam pikiran kita, sebab setiap keraguan yang muncul tidak akan pernah dapat menolong kita untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik. Keraguan tersebut justru menghancurkan kepercayaan kita yang pada akhirnya akan berimbas pada kemampuan kita untuk melakukan suatu tugas dengan kualitas terbaik.
Kesimpulannya, keraguan dapat menghancurkan tidak hanya kepercayaan kita, tetapi juga secara tidak langsung telah menyusutkan kemampuan kita untuk menyelesaikan suatu tugas dengan baik. Keraguan tersebut dapat muncul dalam pikiran yang berasal dari pengalaman buruk yang pernah kita alami sebagai akibat dari gagal mengerjakan sesuatu yang terus menghantui kita sampai sekarang. Mari kita semua belajar untuk melenyapkan setiap keraguan yang ada serta berusaha membuangnya jauh-jauh setiap kali dia muncul. Saya tahu itu tidak mudah, tapi kita harus melakukannya, sebab keraguan sangat dekat kerugian. Keraguan akan merugikan kita dalam banyak hal. Mari kita percaya bahwa kita mampu, tanpa terlalu peduli pengalaman buruk apapun yang kita miliki di masa lalu !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger