Thursday 10 March 2011

Percepat Segalanya !

Saya banyak menghabiskan waktu saya akhir-akhir ini untuk kembali belajar mengenai efektivitas dan efisiensi. Dua kata tersebut, efektivitas dan efisiensi, adalah dua kata yang dahulu selalu saya junjung tinggi dalam sebagian besar aktivitas saya, khususnya yang berhubungan dengan pekerjaan atau aktivitas berorganisasi. Saya dapat dikatakan adalah ‘pemuja’ efektivitas. Saya paling tidak suka ada suatu kegiatan yang tidak efektif. Saya tidak suka jika ada pekerjaan yang seharusnya dapat dilakukan dalam waktu singkat, namun karena orang-orang yang melakukan pekerjaan tersebut kurang serius, pada akhirnya tersebut memerlukan waktu lebih lama untuk diselesaikan.
Prinsip-prinsip seperti yang saya sebutkan diatas merupakan prinsip-prinsip yang sempat saya lupakan dan berdampak pada kehidupan saya secara pribadi. Banyak pekerjaan atau tanggung jawab yang seharusnya saya selesaikan, menjadi terbengkalai hingga saat ini. Setelah saya renungkan, saya akhirnya menyadari bahwa penyebab masalah tersebut adalah kurangnya keefektifan pribadi saya dalam menjadi hidup. Banyak kegiatan atau hal yang kurang penting dan bahkan kadang tergolong tidak penting terus saya lakukan atau pikirkan. Menyadari satu kelemahan saya tersebut, maka tentu saja saya harus berbenah untuk menjadi individu yang lebih baik. Saya harus mencari pertolongan baik secara langsung ke orang lain maupun secara tidak langsung melalui membaca buku-buku pengembangan diri.
Tujuan akhir dari proses perbaikan diri yang masih saya lakukan adalah untuk mengembalikan performa maksimum diri saya. Hasil yang diharapkan dari proses perbaikan diri tersebut adalah saya mampu untuk kembali menjadi individu yang efektif. Latihan demi latihan masih harus ditempuh agar hasil perubahan yang telah mulai menampakkan hasil dapat terus melekat selamanya. Diperlukan disiplin diri agar segala sesuatu yang baik yang telah dipelajari dapat menjadi suatu kebiasaan dan karakter yang tertanam secara mendalam. Selain hasil-hasil diatas, ada satu hasil lagi yang saya harapkan yaitu mempercepat waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan atau tanggung jawab yang ada, khususnya pekerjaan atau tanggung jawab yang sudah terlalu lama tertunda.
Salam efektif ! Semoga sharing saya berguna.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger