Friday 25 February 2011

Sudahkah Kita Mempromosikan Usaha Kita ?

Promosi Usaha
Beberapa waktu yang lalu saya pernah membuat sebuah tulisan ringan mengenai bisnis atau wirausaha. Dalam tulisan tersebut, secara garis besar saya menyampaikan bahwa jika kita sudah berniat untuk mendirikan bisnis atau berwirausaha, maka kita juga perlu untuk mempromosikan bisnis atau usaha kita. Tulisan tersebut saya buat berawal dari renungan serta pembelajaran saya mengenai dunia usaha. Renungan serta pembelajaran yang saya lakukanlah yang memberi saya inspirasi serta kesadaran bahwa jika kita mau berusaha, maka kita juga harus mau mempromosikan usaha kita agar usaha yang kita jalani dapat lebih dikenal oleh publik.
Tulisan kali ini juga masih berhubungan dengan dunia usaha, khususnya promosi usaha. Saya secara pribadi sedang dalam tahap mulai mencoba untuk berwirausaha, meskipun masih dalam skala kecil dan seperti yang saya ungkapkan dalam tulisan saya mengenai promosi usaha, maka saya pun mulai berupaya untuk mengenalkan usaha yang sedang saya jalani ke orang lain. Saya mengawali promosi saya dengan mencoba mengenalkan usaha yang sedang saya jalani ke kawan-kawan dekat saya. Saya mengirim pesan baik melalui email maupun melalui pesan di jejaring sosial yang mereka layani. Pesan yang saya kirim tersebut juga berisi informasi mengenai usaha yang sedang saya jalani dan juga tawaran untuk bergabung, jika mereka memang berminat. Selain itu saya juga berupaya untuk mencari cara-cara lain untuk berpromosi, khususnya melalui internet, sebab internet telah menjadi suatu ‘tempat’ yang semakin banyak dikunjungi oleh orang-orang dari seantero dunia. Iklan-iklan mengenai usaha yang sedang saya jalani mulai bertebaran di internet melalui beberapa situs iklan gratis yang saya temukan. Selain beriklan melalui situs iklan gratis, saya juga mulai mempertimbangkan untuk memasang iklan di situs iklan berbayar agar dapat memperoleh lebih banyak ekspose dan dikenal oleh orang-orang. Salah satu situs iklan berbayar yang saya sedang pertimbangkan untuk beriklan adalah situs arenapromo.com.
Itulah sekilas cerita tentang upaya yang sudah saya lakukan untuk mengenalkan usaha yang sedang saya jalani. Sekarang saya ingin bertanya, sudahkah Anda semua, khususnya para pengusaha pemula atau pengusaha kecil mulai berupaya untuk mengenalkan usaha yang sedang Anda jalankan saat ini ? Sudahkah usaha Anda dikenal oleh cukup banyak orang sehingga mampu memberi usaha Anda peluang untuk dapat lebih menghasilkan keuntungan bagi Anda ? Jika jawaban Anda untuk kedua pertanyaan diatas adalah belum, maka ada baiknya Anda mulai mencoba mencari cara-cara yang baik yang dapat Anda gunakan untuk mulai mengenalkan usaha Anda ke khalayak umum. Ada banyak cara untuk mengiklankan atau mengenalkan usaha Anda ke orang banyak, Anda dapat menggunakan iklan baris di surat kabar, Anda dapat menggunakan pesan yang Anda kirimkan ke orang-orang yang Anda kenal, Anda dapat menggunakan iklan visual melalui televisi, dan Anda juga dapat mulai menggunakan layanan iklan baris gratis maupun berbayar yang ada di internet. Salah satu situs iklan berbayar yang sedang saya pertimbangkan untuk memasang iklan usaha saya dan kemungkinan juga dapat menjadi salah satu situs yang Anda pertimbangkan adalah arenapromo.com. Situs tersebut menyediakan layanan iklan berbayar dengan sistem kontrak bulanan. Biaya yang dikeluarkan untuk beriklan selama satu bulan dapat dikatakan sangat terjangkau. Selain itu situs tersebut juga menyediakan beragam fasilitas, salah satunya adalah kita dapat mengganti isi iklan kita selama masa kontrak pemasangan iklan berlangsung. Coba saja Anda langsung kunjungi situs tersebut melalui alamat yang saya berikan diatas dan Anda mulai mempelajari sendiri dengan lebih detail mengenai sistem beriklan di situs tersebut.
Kesimpulan saya untuk tulisan saya kali ini adalah, jika kita memang sudah berniat untuk menjadi wirausahawan, maka kita juga harus mencari cara-cara agar setiap jenis usaha yang kita jalankan dapat dikenal oleh lebih banyak orang. Semakin banyak orang yang mengenal atau mengetahui usaha yang kita jalankan beserta manfaatnya bagi mereka, maka semakin besar pula peluang kita untuk memperoleh pelanggan-pelanggan baru dan meningkatkan penjualan atau pendapatan kita. Banyak cara dapat kita gunakan untuk mengenalkan usaha kita, kita dapat menggunakan iklan baris di media cetak, kita dapat menggunakan iklan visual di televisi, kita dapat menggunakan pesan email yang kita kirimkan ke rekan-rekan kita, kita dapat membuat brosur dan kemudian menyebarkan ke tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi orang, atau kita juga dapat mulai melirik internet sebagai sarana beriklan melalui situs iklan gratis maupun situs iklan berbayar. Temukanlah sarana yang menurut Anda paling cocok untuk mengiklankan usaha yang sedang Anda jalankan dan tentu saja juga paling sesuai dengan budget atau dana yang Anda sediakan untuk berpromosi. Selamat mencari sarana yang paling untuk berpromosi dan semoga usaha yang Anda jalani semakin maju ! Sukses untuk Anda !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger