Friday, 14 January 2011

The Symbol of Excellence

Excellence merupakan sebuah kata bahasa Inggris yang memiliki arti keunggulan atau mutu yang baik sekali. Kata excellence merupakan jenis kata benda, bentuk lain dari kata ini yang merupakan kata sifat adalah excellent. Kata excellence maupun excellent sering dimanfaatkan untuk menunjukkan sesuatu yang sangat berkualitas atau memiliki kinerja atau nilai yang sangat tinggi jika dibandingkan sesuatu yang lain yang sejenis.
Kita mungkin sering mendengar kata-kata ini, ‘individu yang excellent’, ‘si A tersebut memang berbeda dibandingkan yang lain’, ‘pilihlah produk berkualitas tinggi’, ‘kinerjanya selama beberapa tahun ini bagus sekali’, ‘perusahaan B merupakan perusahaan yang selalu menghasilkan layanan yang terbaik bagi para pelanggannya’, ‘murid C merupakan murid terpandai di kelas ini’, dan sebagainya. Semua contoh kata-kata di atas merupakan jenis kata-kata yang sering digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang excellent. Kata excellence maupun excellent dapat dipakai bersamaan dengan suatu entitas yang dapat berupa individu, layanan, organisasi, produk, maupun beragam entitas lain. Tulisan ini akan berfokus pada pemakaian kata excellent dalam kaitannya dengan individu atau manusia.
Setiap dari kita merupakan bagian dari sejumlah besar individu atau manusia yang ada di dunia ini, kita hanyalah satu bagian yang sangat kecil dari miliaran penduduk bumi. Meskipun kita hanyalah satu bagian yang sangat kecil dari penduduk bumi ini, namun saya percaya bahwa sebagian besar dari kita tidak ingin dinilai sebagai sesuatu yang kecil. Saya percaya bahwa sebagian besar dari kita ingin dikenal sebagai individu yang berbeda, individu yang excellent. Sebagian besar dari kita pasti ingin dikenal sebagai pribadi yang lebih bernilai, lebih berkualitas, lebih menjual, lebih menonjol dibandingkan dengan pribadi maupun individu yang lain.
Namun dalam upaya kita untuk dikenal sebagai individu atau pribadi yang excellent, sebagai yang pasti memang akan lebih menonjol, lebih bernilai, lebih berkualitas, lebih menjual dibandingkan sebagian besar individu yang lain, kita haruslah sadar bahwa untuk mencapai keunggulan atau kualitas seperti itu tidaklah mudah. Ada sejumlah syarat yang harus kita penuhi untuk menjadi excellent. Syarat-syarat yang hampir pasti tidaklah mudah untuk dipenuhi, namun tetaplah mungkin untuk kita penuhi.
Individu yang ingin dikenal individu sebagai individu yang excellent haruslah menunjukkan ke setiap individu lain bahwa dia memang memiliki suatu kualitas yang layak menjadikannya menyandang predikat individu excellent. Kita perlu memiliki kinerja pribadi yang berkualitas tinggi yang jauh lebih baik dibandingkan sebagian besar individu. Kita juga perlu memiliki karakter serta sikap yang luar biasa yang membantu diri kita lebih menonjol diantara kerumunan miliaran orang di dunia ini. Individu yang ingin dikenal sebagai individu yang excellent perlu berkinerja dengan excellent, memiliki karakter yang excellent, bersikap dengan excellent dalam segala keadaan.
Untuk memiliki segala kualitas excellent, kita harus mengawalinya dengan pola pikir yang benar-benar excellent. Contoh pola pikir excellent dapat berupa tidak mudah puas hanya dengan sekedar bekerja, tapi harus bekerja dengan hasil yang terbaik dengan seluruh kemampuan terbaik kita. Kita juga harus bekerja dengan dengan menggunakan cara-cara yang benar, cara-cara yang pantas. Kita juga harus menjadi orang yang tidak mudah menyerah atau menggerutu saat menjumpai tantangan atau hal-hal yang tampaknya menghalangi dalam meraih impian-impian kita, namun menganggap tantangan sebagai kesempatan untuk bertumbuh. Semua pola pikir di atas hanyalah sebagian saja dari sejumlah pola pikir excellent lain yang menjadi syarat awal untuk menjadi individu yang excellent.
Excellent atau keunggulan diri yang luar biasa adalah sesuatu yang dapat kita rasakan dan lihat saat kita menjumpainya dalam diri individu yang lain. Excellent memang lebih mudah untuk dilihat dan dirasakan dibandingkan sekedar diungkapkan melalui kata-kata. Kita benar-benar akan dapat merasakan suatu ‘pancaran sinar’ yang berbeda pada individu excellent yang kita jumpai. Sesuatu yang pantas membuat mereka disebut individu yang excellent.
Setelah mengetahui sedikit tentang excellent atau keunggulan, kita dapat mulai bertanya pada diri kita sendiri beberapa pertanyaan. Apakah diri kita ingin disebut individu yang excellent atau biasa-biasa saja ? Apakah kita sudah memiliki kualitas excellence di dalam diri kita ? Apakah kita sekedar kagum pada orang-orang excellent ataukah kita juga ingin menjadi bagian dari orang-orang excellent tersebut ? Setiap individu dapat memiliki jawaban yang berbeda-beda untuk semua pertanyaan tersebut. Semua terserah Anda mau memilih jadi individu seperti apa, namun saya berharap kita semua memiliki hasrat untuk menjadi individu sebaik yang kita mampu untuk menjadi. Be the symbol of excellence !

Tickerbar

KumpulBlogger