Thursday, 9 December 2010

Jangan Hanya Melihat Enaknya Saja

Kita sadari atau tidak, setiap kita lebih senang melihat keberhasilan yang diperoleh setiap orang. Seringkali kita membayangkan betapa enaknya menjadi orang sukses, kaya, pintar, dan sebagainya. Tapi seringkali pula kita lupa satu hal, yaitu seringkali kita hanya melihat enaknya saja.
Akhir-akhir ini, pemikiran saya semakin diteguhkan dan semakin yakin bahwa setiap kesuksesan atau keberhasilan, kekayaan, popularitas, kepintaran, atau hal-hal apapun yang kita anggap hebat, keren, enak, dahsyat, luar biasa, menyenangkan, menawan, dan sebagainya, tidak diperoleh dengan tiba-tiba. Semua hal tersebut diperoleh dengan perjuangan atau upaya yang benar-benar keras. Setiap orang yang sekarang ini menikmati hal-hal tersebut, pada masa lalunya telah berjuang demikian keras, sehingga adalah wajar jika sekarang mereka layak memiliki atau menikmati apa yang mereka miliki atau nikmati saat ini. Saya percaya bahwa mereka semua telah berjuang dengan sangat kerasnya menggunakan seluruh kemampuan terbaik mereka, seluruh semangat terdahsyat mereka, seluruh energi yang mereka miliki, seluruh waktu yang punyai, segenap hal terbaik yang terdapat dalam diri mereka. Saya percaya bahwa mereka semua telah berjuang dengan demikian gigihnya sejak dari awalnya, mereka telah berjuang untuk mencapai apa yang mereka impikan atau cita-citakan. Mereka semua telah membayar harganya dengan lunas di depan.
Nah, kita semua, yang ingin memiliki atau menikmati hal-hal yang serupa dengan apa yang mereka semua miliki atau nikmati, juga harus mau untuk membayar harga yang harus kita bayarkan dengan lunas di awal. Kita semua harus rela berjuang sekeras-kerasnya dengan seluruh hal terbaik yang kita miliki di dalam diri kita. Istilahnya, kita harus berjuang dengan air mata, darah, dan keringat kita. Kita harus berjuang dengan segenap tekad yang kita miliki untuk meraih yang terbaik yang dapat kita raih. Kita semua perlu belajar untuk melihat sisi lain dari setiap keberhasilan yang telah digapai oleh setiap orang yang telah berhasil. Kita jangan hanya memandang kesuksesan mereka saat ini saja, tetapi juga harus memandang susah payah yang telah mereka keluarkan dahulu kala. Kita harus mau melihat segala sisi ‘tidak enak’ yang pernah mereka semua alami, segala kegelisahan, kegagalan demi kegagalan, patah semangat, kerja keras, kesedihan, serta banyak hal lain yang telah mereka korbankan untuk meraih apa yang mereka raih.
Kita semua harus mau dan mampu melihat sisi lain dari setiap keberhasilan atau kesuksesan. Sekian dan semoga kesuksesan atau hal-hal yang menyenangkan, luar biasa, dahsyat, keren, menawan, enak, atau apapun yang kita impikan juga menghampiri kita semua. Terima kasih.

Tickerbar