Saturday 4 September 2010

MENJUAL KUALITAS

Setelah beberapa kali pengalaman kerja, baik kerja professional maupun kerja organisasi di kampus yang tidak dibayar, aku akhirnya menyadari hal yang sangat berharga ini. Jika kita semua ingin hasil kerja yang terbaik, kita harus menjual kualitas kerja kita untuk memperolehnya. Jika kita ingin mendapat penghasilan yang besar untuk setiap hasil kerja kita, kita juga harus memberikan kualitas pekerjaan yang terbaik agar apa yang kita peroleh setimpal dengan apa yang kita berikan. Kita harus menjual kualitas kita untuk memperoleh yang terbaik atas seluruh hal terbaik yang kita inginkan.
Jika kita ingin naik pangkat atau memperoleh gaji yang besar, kita harus siap untuk menjual kualitas terbaik yang kita miliki untuk tempat kerja kita maupun untuk orang yang kita layani. Jika kita ingin menjadi orang yang terkenal, kita harus siap berjuang habis-habisan dengan semua yang kita miliki untuk dapat dikenal oleh banyak orang lain. Jika ingin banyak hal yang tidak dapat dimiliki oleh cukup banyak orang lain, kita harus memberikan kualitas kerja dan layanan terbaik dari dalam diri kita. Intinya adalah apa yang ingin kita peroleh harus setara dengan apa yang dapat kita berikan. Untuk segala sesuatu harus ada yang dibayarkan agar sesuatu tersebut dapat kita peroleh.
Itulah yang aku rasakan dari semua pengalaman kerja professional maupun tidak. Ketika aku menginginkan naik jabatan yang lebih tinggi dalam organisasi dimana aku terlibat, aku berusaha memberikan yang paling baik yang dapat aku berikan agar aku layak menduduki posisi atau jabatan tersebut. Aku selalu berjuang keras dan berusaha memberikan yang terbaik yang dapat aku berikan, meskipun terkadang aku belum mendapatkan apresiasi yang sesuai. Tapi seiring berjalannya waktu, aku juga sadar bahwa terkadang ketika seolah kita tidak mendapatkan apresiasi yang sesuai sebenarnya kita sedang diuji apakah kita dapat terus setia memberikan yang terbaik pada keadaan yang kurang menghargai kita. Satu hal yang pasti, jika kita selalu memberi yang terbaik tanpa peduli apapun yang kita alami, suatu saat akan tiba waktunya ketika seluruh hasil kualitas kerja kita yang terbaik akan mendapatkan penghargaan yang sesuai. Suatu saat kita akan dikenal sebagai seseorang dengan kualitas kerja yang terbaik diantara semua orang lain.
Konsep itu pula yang sedang berusaha aku ingatkan kembali untuk diriku sendiri akhir-akhir ini. Aku yakin ketika kita memberi yang terbaik, maka suatu saat meskipun dalam waktu yang sedikit lebih lama, kita pasti akan memperoleh apresiasi atau penghargaan yang setimpal untuk semua kualitas terbaik yang kita berikan. Jadi yang terpenting yang harus kita selalu ingatkan pada diri kita sendiri adalah untuk senantiasa memberikan kualitas kerja yang terbaik pada segala sesuatu yang kita kerjakan meskipun tampaknya sederhana atau sepele. Kerjakan saja yang terbaik, berikan kerja keras dan semangat yang terbaik, suatu saat akan tiba waktunya bagi kita semua untuk memperoleh semua yang terbaik yang setimpal dengan apa yang kita berikan. Bahkan seandainya ketika kita sudah memberi yang terbaik dan kita tidak mendapatkan atau belum mendapatkan penghargaan atau apresiasi yang sesuai, jangan khawatir, sebab ketika kita terbiasa memberi yang terbaik maka dimanapun kita bekerja kita akan selalu memberi yang terbaik. Yakinlah juga bahwa ketika kita selalu memberi yang terbaik, suatu saat akan ada organisasi yang siap ‘membeli’ layanan atau kualitas terbaik kita dengan harga yang pantas. Begitulah yang berhasil aku pelajari.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger