Thursday 16 September 2010

HUM HONGE KAAMYAAB

Hum honge kaamyaab atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘bersama kita bisa mengatasinya’ atau ‘we shall overcome’ dalam bahasa Inggris, merupakan salah satu lagu dalam soundtrack film My Name is Khan. Lagu pertama yang sampai membuatku menitikkan air mata, setelah sekian lama aku yang terkenal keras dan kaku ini tidak pernah menangis. Makna kata-kata dalam lagu ini serta situasi dalam film yang memang mendukung yang semakin entah kenapa dengan begitu ajaibnya menyentuh hatiku dan membuat air mataku menitik.
Lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Hindi ini memang begitu indah jika dipahami kata-katanya. Lagu yang bermaksud menyatakan pesan bahwa ketika kita bersama, kita akan mampu mengatasi segala sesuatunya. Ketika kita bersama-sama, tanpa memandang perbedaan agama, bahasa, ras, atau warna kulit, kita akan mampu mengatasi semua persoalan yang ada suatu saat nanti.

Lagu ini merupakan lagu pertama yang sanggup membukakan hatiku yang dikenal keras. Lagu ini benar-benar ampuh dalam meluluhlantakkan kekerasan dalam hatiku. Lewat bantuan lagu ini aku sanggup mengenal dan merasakan kembali arti persahabatan dalam hidup. Aku jadi mampu merasakan kembali tentang cinta kasih kepada sesama. Aku jadi memahami kembali arti dari empati dan kepeduliaan kepada orang lain setelah sekian waktu aku begitu tidak peduli. Jika aku ingat-ingat kembali saat aku pertama kali mendengar lagu ini waktu menonton film tersebut, aku masih dapat merasakan betapa hatiku dengan sangat dahsyat telah disentuhnya. Perpaduan yang tepat antara lagu yang indah dan film yang dahsyat serta menyentuh. Aku memutar kembali sebanyak kurang lebih lima kali kala aku membuat tulisan ini untuk kembali mendapatkan feel dari lagu tersebut dan dengan dahsyatnya aku masih tersentuh. Sungguh mendengarkan lagu ini sisi melankolisku yang biasanya terkubur menjadi muncul ke permukaan. Lagu yang layak untuk terus dan terus didengarkan untuk mengasah kepekaan hati kita.
Lagu yang dahsyat dan benar-benar luar biasa mengubahkan hidupku. Lagu yang tidak akan kulupakan dan akan berusaha aku dengarkan ketika aku butuh untuk mengasah kepekaan hati nuraniku. Lagu yang selalu indah untuk direnungkan dan dihayati. We shall overcome, we shall overcome, we shall overcome some day, begitulah tiga baris pertama pembuka lagu tersebut dalam bahasa Inggris. Sekian dan semoga Anda juga tersentuh.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger