Friday, 9 April 2010

PELAJARAN DARI AGNES MONICA: KESEMPURNAAN DALAM BEKERJA


Siapa yang tidak kenal nama artis, penyanyi, sekaligus bintang iklan ini, Agnes Monica ? Secara tiba-tiba, dua hari yang lalu (7 April 2010), aku mendapatkan namanya melintas di pikiranku. Nama Agnes melintas dipikiranku saat tanpa sengaja aku menemukan berita mengenai dirinya di internet dan di koran Jawa Pos edisi cetak. Didorong oleh rasa penasaran yang cukup besar tentang biografi, prestasi, dan beberapa hal tentang Agnes, aku memutuskan untuk googling (mencari informasi melalui search engine Google). Setelah melakukan googling, aku menemukan beberapa cerita yang menarik dan inspiratif tentang dia. Selain dari googling, cerita tentang dia juga aku dapatkan dari berita yang ada di koran edisi cetak.

Melalui kegiatan membaca tersebut, aku menemukan beberapa hal yang luar biasa dalam diri seorang Agnes Monica. Kecantikan, tentu saja yang pertama, hal ini sudah tidak perlu dibantah sebab cukup banyak orang yang mengakui serta mengagumi kecantikannya. Namun yang ingin saya tekankan disini bukanlah kecantikannya, melainkan impiannya yang besar serta keinginan dia untuk selalu melakukan setiap pekerjaan yang dijalaninya dengan sempurna.

Membaca dari Wikipedia, saya menemukan bahwa saat meluncurkan album dewasanya yang pertama, Agnes sekaligus mempublikasikan keinginannya untuk go internasional. Sebuah impian yang besar dari seorang artis yang sudah cukup lama vakum menyanyi karena berkecimpung di dunia sinematografi atau perfilman. Ambisi atau keinginan yang besar itu pula yang secara tidak langsung juga menginspirasiku dan aku harap juga menginspirasi kita semua untuk berani bermimpi yang besar atau bahkan bermimpi sangat besar. Guna mewujudkan ambisinya untuk go internasional, Agnes terus berusaha untuk mengembangkan serta memantapkan kemampuannya dalam bidang tarik suara maupun akting. Dia terus mengasah talenta atau bakat yang ada dalam dirinya.

Ternyata, semua upaya yang dia lakukan untuk terus melatih serta mengembangkan bakat atau talenta yang ada dalam dirinya tidaklah sia-sia. Membaca dari beberapa situs di internet, aku menemukan bahwa ternyata dia sudah menyabet beberapa prestasi diluar Indonesia, salah satunya adalah menjuarai Asia Song Festival 2008 yang diadakan Seoul, Korea Selatan dengan dua gelar sekaligus yaitu the best asian artist dan the best performance. Sungguh merupakan prestasi yang luar biasa menurutku. Selain itu, Agnes juga berhasil menjadi salah satu pemeran dalam drama Taiwan yang berjudul The Hospital dan Romance in The White House. Pada The Hospital, Agnes bahkan sempat bermain bersama Jerry Yan yang merupakan salah seorang personel F4. Satu lagi yang membuat salut mengenai prestasinya adalah Agnes merupakan satu-satunya penyanyi Indonesia yang memiliki grup dance sendiri yang diberi nama NEZindaHood. Benar-benar anak muda yang fenomenal !

Hal ketiga yang membuatku semakin kagum pada Agnes adalah prinsipnya dalam menjalani setiap pekerjaan. Dari hasil membaca berita di koran Jawa Pos edisi cetak, aku menemukan bahwa Agnes merupakan pribadi yang selalu ingin memberikan yang terbaik dalam setiap hal yang dikerjakannya. Dia selalu ingin menghasilkan suatu karya yang sempurna. Didorong oleh keinginannya untuk selalu bekerja dengan sempurna itu pula, sampai-sampai dia terkadang diperingatkan oleh manajemennya untuk tidak lupa menjaga kesehatan tubuh, sebab dia terlalu asyik bekerja sampai kadang kurang istirahat.

Pelajaran paling berharga yang aku dapat dari seorang Agnes adalah selalu berusaha untuk melakukan semua yang terbaik dalam setiap hal yang kita kerjakan dan jangan pernah takut untuk bermimpi yang besar meskipun lingkungan atau masyarakat disekitar kita akan menganggap hal itu salah serta menganggap kita adalah orang yang arogan. Pernyataan berikut aku kutip dari websitenya, Somehow, there are a lot of people in my country who thinks that to have a big dream is a ‘mistake’ and that it is arrogance. But hey, everything starts with dreams and visions. And I have the eyes of faith to see the coming true. After all, I have proven them myself. Suatu pernyataan yang luar biasa bukan ?

Ya, sepertinya kita semua perlu belajar dari seorang Agnes Monica. Seorang anak muda yang luar biasa. Kita perlu belajar darinya mengenai keberanian bermimpi besar serta memiliki visi kedepan untuk kehidupan kita sendiri maupun orang disekitar kita. Selain itu, kita juga perlu belajar untuk selalu bekerja keras dan memberikan yang terbaik dalam setiap hal yang kita lakukan, supaya melalui perjuangan yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati kita dapat membuat semua impian besar kita yang tampaknya tidak mungkin menjadi suatu kenyataan.

Sebagai pribadi, aku juga memiliki impian yang besar dan bahkan bisa dibilang sangat besar. Suatu saat nanti, aku ingin memiliki perusahaan sebesar Google, Microsoft, Oracle, Apple, Yahoo!, IBM. Bahkan kalau perlu aku ingin memiliki perusahaan yang skalanya lebih besar dari perusahaan-perusahaan tersebut. Akhir-akhir ini memiliki perusahaan sendiri yang berskala internasional adalah suatu impian yang terus dan terus ada dalam pikiran serta hatiku. Mungkin saja impian tersebut adalah hasrat serta visi terbesar yang Tuhan tanam dalam diriku. Kerinduan terbesar tersebut sudah bermula sejak beberapa tahun yang lalu, saat itu aku diinspirasi oleh cerita sukses kedua pendiri Google dalam membangun Google dari nol sampai bisa menjadi perusahaan tingkat dunia yang besar. Namun aku masih belum membuat langkah nyata agar impian tersebut menjadi kenyataan sampai akhirnya secara tiba-tiba aku dilecut atau diingatkan kembali akan impian tersebut dan aku mulai belajar banyak mengenai cara-cara untuk berbisnis. Aku percaya, selama aku terus memegang teguh impian tersebut serta senantiasa mengembangkan diri dan berusaha, aku yakin suatu saat nanti akan ada suatu perusahaan besar skala dunia yang aku dirikan serta aku besarkan. Untuk sekarang aku harus beriman terlebih dahulu bahwa hal itu akan terwujud, sebab iman adalah sumber dari segala pengharapan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Must have faith ! Selain itu aku juga percaya bahwa suatu saat nanti, aku akan dipanggil untuk berbicara dimana-mana diseluruh dunia, sebab hal itu juga merupakan salah satu impianku. Now, how about you and what is your dreams ?

Tickerbar