Sunday, 29 March 2009

MEMPERTAHANKAN SEMANGAT

Kita semua pasti sadar bahwa semangat itu sangat dibutuhkan dalam melakukan segala sesuatu dalam hidup ini. Tanpa semangat hidup yang kita jalani tidaklah tampak seperti hidup. Kita memang hidup, namun hidup yang kita hidupi tidak menampakkan adanya tanda-tanda kehidupan. Tanpa semangat kita akan tampak lemah lesu dan tidak punya harapan dalam menjalani hidup ini.

Atas dasar pentingnya semangat dalam setiap langkah hidup kita, saya yakin sebagian besar dan bahkan mungkin semua dari kita mencoba selalu bersemangat dalam segala hal. Saya yakin setiap hari kita semua selalu mengatakan pada diri kita sendiri untuk tetap bersemangat. Namun meskipun setiap hari kita sudah selalu mengingatkan pada diri sendiri untuk tetap bersemangat, tetap saja adakalanya pada masa-masa tertentu kita seperti kehilangan semangat. Hal ini saya sadari selama beberapa bulan terakhir. Saya sadar bahwa jika kita sudah berhasil menyemangati diri sendiri, maka tantangan berikutnya bagi diri kita adalah mempertahankan semangat yang telah ada.

Tantangan ini memang tampak berat, tapi tetap harus dihadapi. Ada banyak hal yang dapat membuat diri kita kehilangan semangat atau gairah, antara lain masalah yang terus-menerus mendera kehidupan kita, pengaruh dari lingkungan sekitar kita yang berusaha untuk menghancurkan semangat kita yang berapi-api, kecapekan yang kita dialami oleh fisik kita, hilangnya fokus hidup, dan tidak adanya tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan. Hal-hal tersebut kita sadari atau tidak, akan menggeroti semangat kita sedikit demi sedikit setiap hari. Semakin hari, jika kita tidak segera menyadari bahwa semangat hidup sedang digerogoti oleh hal-hal tersebut, maka tiba-tiba saja kita sadar bahwa ternyata semangat hidup sudah habis. Tiba-tiba saja kita sadar bahwa kita sedang hidup tanpa gairah menjalani hidup itu sendiri sehingga kita tidak tampak seperti orang yang tidak sedang hidup.

Akibat hilangnya semangat, kita menjalani setiap hari-hari dalam kehidupan kita dengan lemah lesu serta dengan wajah yang kusut. Setiap hari yang kita jalani kita anggap sebagai hari yang buruk dan tidak menyenangkan. Setiap hari yang kita harapkan untuk segera berakhir tanpa terlalu banyak meninggalkan jejak. Kita jalani hari-hari dalam kehidupan dengan biasa-biasa saja tanpa ada sesuatu yang istimewa yang kita rasakan.

Jika hal-hal seperti diatas mulai muncul dalam kehidupan kita, itu berarti saatnya bagi kita untuk segera sadar dan berbalik arah. Saatnya bagi kita untuk kembali sadar dan berusaha untuk menumbuhkan kembali semangat hidup kita sedikit demi sedikit. Saatnya bagi kita untuk mencoba belajar menikmati hidup kita lebih lagi serta mensyukuri setiap apapun yang terjadi. Kita berharap melalui upaya-upaya yang kita lakukan tersebut, kita dapat memiliki kembali gairah atau semangat hidup yang membara. Suatu semangat yang akan selalu kita perbarui setiap hari. Suatu semangat yang akan semakin kuat dari hari ke hari karena kita terus berusaha memompanya. Suatu yang semangat tidak akan pernah habis. Tantangan kita kedepannya adalah memiliki semangat yang seperti itu, semangat yang tidak pernah habis. Tantangan itu memang tampak tidak mudah, namun kita harus selalu berusaha menghadapinya dengan gagah berani. Selamat berjuang mempertahankan semangat hidup kita. Sukses !

Tickerbar

KumpulBlogger