Monday, 25 July 2016

Mau Tahu Stadion Termegah Di Dunia ? Ternyata Ada Di Indonesia. Baca Disini !

Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Stadion Termegah Di Dunia
(sumber: www.google.com)
Banyak dari kita, termasuk saya, mungkin tidak pernah tahu dan tidak pernah menyangka jika stadion sepak bola termegah di dunia ternyata ada di negara kita tercinta Indonesia. Saya yakin, kita semua sering mengagumi serta mengagungkan stadion-stadion sepak bola di luar negeri seperti Stadion Bernabeu, Stadion Camp Nou, Stadion San Siro, Stadion Old Trafford, dan berbagai stadion lain di luar negeri. Tetapi ternyata di negara kita sendiri ada satu stadion termegah di dunia yang tak pernah kita ketahui sebelumnya. Stadion apakah itu ? Simak di bawah ini.

Alkisah, pada suatu waktu di tahun 1962, tepatnya pada tanggal 21 Juli 1962, menjadi hari yang paling dinanti-nantikan pemimpin dan presiden kita waktu itu, Presiden Soekarno. Ada apakah gerangan sampai hari itu menjadi hari yang begitu dinanti-nantikan oleh Sang Pemimpin Besar Revolusi ? Ternyata, pada waktu itu, beliau hendak menunjukkan kepada seluruh dunia kehebatan putra-putri bangsa Indonesia.

Tepat pada tanggal 21 Juli 1962, Presiden Pertama RI tersebut hendak mengumumkan serta meresmikan Stadion Utama Asian Games yang dibangun secara khusus untuk ajang Asian Games 1962 di Jakarta. Pembangunan stadion yang kini dikenal sebagai Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) memakan waktu selama dua tahun. Proyek besar pembangunan stadion tersebut dibiayai dengan menggunakan fasilitas kredit lunak dari Uni Soviet yang waktu itu merupakan sekutu terdekat dan terbaik negara kita. Total anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan stadion sebesar 12,5 Juta Dollar.


Di hadapan sekitar seratus ribu orang, termasuk tamu-tamu penting yang salah satunya adalah Wakil Perdana Menteri Uni Soviet, Anastas Mikoyan. Di hadapan tamu-tamu penting tersebut, Bung Karno berpidato. "Saya tanyakan kepada Anda semua, apakah Anda tidak merasa bangga memiliki stadion seperti ini ?" Begitu salah satu pernyataan Bung Karno dalam pidatonya. "Jika dibandingkan dengan stadion yang pernah saya lihat di Roma, Rio de Janeiro, Warsawa, maupun di Amerika Serikat, maka Stadion Utama Asian Games tidaklah kalah dari stadion-stadion disana. Bahkan boleh saya katakan bahwa Stadion Utama ini adalah yang terhebat dan termegah di dunia.", begitu ditambahkan oleh beliau. Stadion Utama Asian Games menggelar pertandingan perdana pada tanggal 22 Juli 1962 yang antara Persija Jakarta melawan PSM Makassar yang ditonton oleh sekitar 80.000 orang di stadion. Pertandingan yang berakhir dengan skor 3-3 tersebut menjadi penanda awal digunakannya stadion tersebut secara resmi dan sejak saat itu, stadion tersebut selalu digunakan pada berbagai macam pertandingan sepak bola, khususnya ketika timnas Indonesia bertanding.

Jadi, kini, kita sebagai warga negara Indonesia, patut berbangga bahwa negara kita ternyata memiliki stadion yang dinyatakan serta diyakini sebagai yang termegah stadion, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Jadi, kini, kita juga tidak perlu terlalu minder terhadap negara lain dan hanya sekedar mengagung-agungkan karya atau stadion yang terdapat di negara lain, sebab Indonesia ternyata juga memiliki stadion yang megah. Semoga bermanfaat.

Tickerbar