Friday 24 June 2011

Masih Belajar Bagaimana Sebuah Bisnis Dijalankan


Segala sesuatunya berawal ketika saya membaca sebuah buku berjudul Google Success Story beberapa tahun yang lalu. Sejak saat itu hingga sekarang, impian untuk membangun suatu bisnis yang sukses masih terus menjadi bagian impian saya. Sejak saat itu pula, saya belajar bagaimana caranya membangun bisnis dan pernah belajar beberapa kali berbisnis kecil-kecilan (sekarang juga masih kecil). Bisnis yang saya jalani waktu itu gagal total karena kurang matangnya pemikiran serta perencanaan sebelum memutuskan terjun ke suatu bisnis. Saya masuk ke bisnis tersebut hanya karena sekedar ingin mencoba serta didasari oleh suatu hal yang tidak sesuai dengan pemikiran saya terhadap bisnis lain.
Bisnis saya saat itu gagal total dan sampai saat ini barangnya masih ada banyak, sebab saya menjalankannya tanpa memikirkan dengan matang serta asal bergerak saja. Bisnis yang saya jalani kala itu juga tidak benar-benar sesuai dengan impian asal saya untuk membangun bisnis berlandaskan teknologi tinggi. Saya hanya sekedar dan akhirnya hanya mampu berjalan ala kadarnya, sebelum akhirnya kandas.

Kisah usaha yang sedang mulai saat ini berbeda dibandingkan sebelumnya. Saya mulai merencanakannya beberapa bulan yang lalu. Saya habiskan beberapa hari untuk berpikir serta merencanakan sistem kerja bagi diri saya dalam menjalankan bisnis ini. Sistem tersebut memang sempurna dan belum sepenuhnya berjalan seperti yang saya rencanakan, namun paling tidak sistem dapat berjalan untuk sementara dan akan terus dipoles sambil berjalan. Akhir-akhir ini saya juga semakin gencar membaca buku-buku seputar bisnis, marketing, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis. Saya harus bekerja keras untuk belajar bagaimana suatu bisnis dibangun, dikelola, dan pada akhirnya menjadi besar. Saya memang harus belajar keras seorang diri, sebab saya memang bukanlah orang dengan latar belakang pendidikan bisnis. Namun saya sebagai seorang pribadi sudah sejak dari awal kuliah tidak pernah terlalu percaya pada sistem apapun yang coba orang perlakukan kepada saya. Saya tidak pernah hidup menurut standar apapun yang orang lain tanamkan kepada saya. Saya bangun standar saya sendiri dan bahkan saya tidak takut ketika harus berjuang sendirian, bertarung demi impian saya, sebab saya tahu dan sangat yakin bahwa saya akan berhasil mewujudkan semua impian.
Salah satu hal yang akhir-akhir ini mengisi pikiran saya adalah mengembangkan produk. Saya tahu sebuah usaha perlu produk, baik berupa barang maupun jasa. Hal ini terus mengisi pikiran saya. Saya terus berusaha untuk mencari produk apa yang paling tepat untuk dikembangkan. Saya mengamati pasar untuk menemukan produk apa yang saat ini paling digemari oleh masyarakat, sebab sebuah usaha tanpa produk, maka dapat dipastikan usaha tersebut tidak akan berkembang karena tidak memperoleh pemasukan. Sebuah usaha dapat berkembang jika usaha tersebut memperoleh pemasukan dalam jumlah besar, sehingga mampu menutupi semua biaya yang harus ditanggungnya dan memperoleh keuntungan.
Saya belajar dari sejumlah perusahaan teknologi informasi yang telah sukses menjadi perusahaan besar tingkat dunia. Saya terus belajar dari mereka semua, mulai dari cara produk dibuat, cara promosi produk, negosiasi bisnis, aspek hukum, dan sebagainya. Saya bersyukur bahwa saya dapat belajar dari begitu banyak perusahaan terkemuka, sehingga saya dapat mengambil ilmu mereka untuk kemudian saya pahami, sesuaikan dengan kondisi saya saat ini, dan mulai praktekkan. Saya sungguh beruntung dapat belajar dari mereka semua.
Jadi, pada intinya, saya masih terus belajar bagaimana membuat suatu bisnis berkembang pesat. Bagaimana mengembangkan produk dan memasarkan produk. Bagaimana mengelola perusahaan serta orang-orang yang terdapat di dalamnya. Bagaimana bernegosiasi untuk menang. Saya belajar cukup banyak hal dan mulai mempraktekkan apa yang saya pelajari sedikit demi sedikit. Semoga sharing ini dapat membantu serta menginspirasi mereka yang sedang membangun usaha dalam bidang apapun (saya sendiri bergerak dalam usaha konsultasi IT, pengembangan software, kursus komputer privat, dan penjualan perlengkapan komputer).

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger