Tuesday, 24 June 2008

Training CCNA (Cisco Certified Network Associate)

Pada tulisan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai salah satu training atau pelatihan yang diadakan oleh salah satu perusahaan terkenal di bidang teknologi jaringan, sekaligus training yang saya sendiri sedang ikuti saat ini.
CCNA(Cisco Certified Network Associate) merupakan suatu pelatihan yang ditujukan untuk memberikan pengetahuan serta keahlian di bidang jaringan komputer serta internet kepada setiap orang yang ingin memiliki pengetahuan di bidang tersebut maupun yang akan bekerja di bidang teknologi informasi. Training ini merupakan bagian pertama atau dasar dari training di bidang jaringan yang diadakan oleh Cisco,Inc. untuk level atau tingkat yang lebih advanced lagi ada CCNP(Cisco Certified Network Professional).
Training CCNA dibagi menjadi empat bagian atau tingkatan, yang masing-masing tingkatan tersebut memberikan materi yang berbeda-beda mulai dari yang paling dasar sampai yang paling tinggi.
Tingkat pertama yaitu Networking Fundamentals yang mengajarkan dasar-dasar dari jaringan komputer yang meliputi sejarah jaringan komputer(internet), alat-alat yang dibutuhkan untuk bisa menciptakan hubungan antar komputer, media komunikasi yang digunakan (kabel dan tanpa kabel), pengenalan protokol atau aturan yang digunakan dalam berkomunikasi melalui internet, pengenalan mengenai bagian-bagian kecil dari jaringan komputer seperti collision domains dan broadcast domains, pengenalan alamat logika yang digunakan setiap komputer dalam berkomunikasi melalui jaringan yang dikenal sebagai alamat IP(Internet Protocol), dan beberapa penjelasan mendasar lainnya.
Tingkat kedua yaitu Router and Routing Protocol. Pada tingkat ini diajarkan secara lebih mendalam mengenai alat komunikasi jaringan yang disebut router serta routing protocol yang digunakan oleh router untuk mengirimkan setiap paket-paket data yang diterimanya ke tujuan. Pembahasan mengenai router meliputi bagian-bagian dari router, fungsinya, serta cara kerjanya. Selain itu dibahas juga routing protocol yang meliputi RIP v1, RIP v2, IGRP, OSPF, EIGRP, dan beberapa routing protocol yang lain.
Tingkat ketiga yaitu LAN Switching and Wireless. Tingkat ini lebih memfokuskan pada desain jaringan lokal atau yang dikenal dengan LAN(Local Area Network) menggunakan suatu alat yang disebut switch, dikenalkan juga konsep jaringan bertingkat menggunakan switch dengan fungsi yang berbeda-beda, tidak ketinggalan juga diajarkan tentang desain jaringan yang dapat untuk menangani pengiriman data, suara, maupun video, serta di bagian paling akhir diajarkan dasar konsep dari jaringan tanpa kabel atau wireless.
Tingkat keempat yaitu Accessing the WAN. Pada tingkat paling akhir ini akan dibahas secara lebih luas mengenai hubungan yang ada dibalik internet yang meliputi dampak dari VOIP(Voice Over Internet Protocol) dan Video Over Internet Protocol pada jaringan, penjelasan mengenai cara kerja DCHP(Dynamic Host Control Protocol) dan DNS(Domain Name System) serta keuntungan dari keduanya, dan di bagian paling akhir akan dijelaskan mengenai teknologi VPN(Virtual Private Network).
Pada setiap tingkatan dari training CCNA ini akan ada ujian setiap bab dari materi yang telah diajarkan yang biasa merupakan berlangsung setiap satu kali pertemuan dan diakhir setiap tingkat akan ada ujian akhir yang merupakan gabungan dari semua materi yang telah diajarkan pada tingkat tersebut. Ujian akhir ini sangat penting karena akan menentukan apakah seorang peserta training bisa melanjutkan ke tingkat berikutnya atau tidak. Setiap akhir tingkat pula setiap peserta akan memperoleh sertifikat tanda telah mengikuti satu tingkat dari training CCNA yang dikirim langsung dari kantor perwakilan Cisco, Inc. melalui penyelenggara kegiatan training.
Setelah menyelesaikan kegiatan training sampai pada tingkat empat atau terakhir, setiap peserta bisa mengikuti ujian paling akhir dari training CCNA ini untuk dapat memperoleh gelar CCNA. Ujian akhir ini tidak merupakan satu paket dari trainingnya dalam artian dikenakan biaya tersendiri untuk dapat mengikutinya. Ujian yang harus diikuti minimal satu kali dan maksimal dua kali, tergantung jalur yang dipilih dalam mengikuti ujian itu sendiri. Ada dua macam jalur yang dapat dipilih yang pertama dengan mengikuti ujian INTRO (640-821) yang materinya meliputi CCNA1 dan CCNA2 tanpa menyertakan bahasan mengenai routing protocol serta ujian ICND (640-811) yang meliputi materi CCNA2, CCNA3, dan CCNA4. Setelah menyelesaikan kedua macam ujian tersebut peserta dapat memperoleh sertifikat serta gelar CCNA. Jalur kedua yang dapat dipilih yaitu dengan langsung mengambil ujian CCNA(640-801) yang meliputi semua materi CCNA1, CCNA2, CCNA3, dan CCNA4, setelah menyelesaikan ujian peserta langsung dapat memperoleh sertifikat serta gelar CCNA. Namun yang perlu diketahui sertifikat dan gelar yang diperoleh hanya berlaku selama 4 tahun, dalam artian setelah 4 tahun sejak ujian terakhir dilangsungkan setiap peserta dianjurkan untuk mengambil ujian lagi jika ingin sertifikasi pengakuan yang terbaru. Aturan ujian setiap 4 tahun sekali ini ditujukan karena setiap 4 tahun sekali diperkirakan teknologi jaringan sudah berubah terlalu banyak, karena itu perlu dilakukan ujian ulang sekaligus melakukan update pengetahuan.
Sekian tulisan saya mengenai CCNA, bagi setiap orang yang memang benar-benar berminat serta ingin mengikuti training silakan mencari informasi di tempat-tempat kursus yang memang menyelenggarakan sertifikasi ini atau bisa juga mengunjungi website cisco.
Semoga bermanfaat.

Tickerbar

KumpulBlogger